ANCAMAN YANG SERING DIHADAPI PETANI KOPI

Kita sangat nyaman meneguk secangkir kopi hari ini, ada yang disajikan dengan manual brew, ada juga yang tersaji dengan paduan susu. Untuk menjadi minuman nikmat, ternyata kopi mengalami banyak hal sejak masa tanamnya, panjang umurlah para petani kopi yang merawat dan membesarkan tanaman kopi, memastikan dia tumbuh dan kembang cukup nutrisi.

TANAMAN kopi tidak tumbuh dengan sendirinya, bukan tumbuh liar kemudian petani kopi memungutnya dari alam seperti mengambil hasil bumi lain. Kopi tumbuh dengan dirawat dan dijaga perkembangannya oleh petani kopi, bahkan beberapa petani kopi punya metode perhitungan tersendiri untuk merawat tanaman mereka. Karena bisa dibilang, tanaman kopi merupakan hal yang rumit untuk dimengerti, mengingat banyak permasalahan yang dihadapi petani kopi. Permasalahan ini tidak jauh-jauh seputar iklim dan penyakit tanaman yang dapat mengganggu kualitas buah kopi, lalu bagaimana petani kopi dapat mengatasinya, dan inilah sekarang secangkir kopi nikmat.

Coffee and Climate, sebuah yayasan di German yang bergerak skala internasional ini, fokus terhadap isu tanaman kopi dan iklim, memiliki siaran dokumentasi hasil data cuaca di Brazil. Dari data cuaca tersebut bisa dibilang semacam alat bantu untuk para petani kopi menentukan langkah ketika mengalami permasalahan. Dengan adanya data cuaca memberikan pemahaman petani kopi tentang bagaimana curah hujan dan suhu sekitaran yang berhubungan langsung dengan masalah produksi seperti serangan hama, penyakit tanamanan, tingkat produktifitas, dan lain halnya. Alat ukur curah hujan dan tingkat suhu menjadi hal penting untuk membuat data cuaca.

credit: coffeeandclimate.org

Dengan adanya metode data cuaca, harapannya dapat meminimalisir ancaman yang kerap dihadapi tanaman kopi, dan setidaknya menjadi bahan pertimbangan untuk mengatasi kemungkinan dampak yang terjadi setelahnya.

  • Kenaikan Suhu | Tidak hanya tanaman kopi, tiap tanaman juga memiliki suhu ternyaman untuk mereka tumbuh kembang, berbeda tanaman pasti akan berbeda suhu yang nyaman untuk tanaman tersebut. Suhu ini tercipta secara alami, dan mengalami kenaikan dan penurunan, menyebabkan tanaman kopi tidak tumbuh optimal. Kaitannya pada daun tanaman, menjadi kurang potensial untuk berkembang dan mencipta nutrisi untuk tanaman tumbuh. Kenaikan suhu melebihi suhu nyaman tanaman ini dapat menyebabkan wabah penyakit dan infestasi di mana mikroorganisme jahat berkembang di dalamnya dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Curah Hujan Tidak Teratur | Tanaman kopi akan tumbuh dengan baik sesuai dengan ketinggian tempat tanam, situasi sinar matahari, dan juga kondisi curah hujan di daerah tersebut. Tanpa mengetahui curah hujan, sebagai petani mungkin akan mengalami kesulitan untuk merawat tanaman kopi mereka. Membayangkan, curah hujan yang tidak teratur di beberapa pekan pastinya akan menghambat rencana produksi.
  • Perubahan Pola Curah Hujan | Curah hujan di bulan-bulan khusus mungkin dapat terlihat polanya, tapi di beberapa wilayah pola hujan tidak dapat diproyeksikan. Dan kemungkinan penurunan produktivtas karena hal ini tidak bisa dipungkiri.
  • Perubahan Suhu Mendadak | Suhu yang mendadak berubah pada dasarnya berubah secara alami, dan ini dapat menyebabkan pasokan ketersediaan air untuk kelembapan tanah menjadi sedikit. Dengan mengetahui sejak awal, tentunya petani kopi dapat menyiasati permasalahan yang datang.
credit: coffeeandclimate.org

Tapi, berikut ini hanya merupakan saduran, pastinya yang paling mengerti para petani, bagaimana menyiasati dan mengatasi masalah yang dihadapi tanaman kopi. Dengan perkembangan teknologi kini, pertukaran informasi semakin cepat, isu masalah tanaman kopi di wilayah lain seakan menjadi bahan pertimbangan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi pada tanaman kita. CoffeeandClimate.org, seperti menyediakan wadah pertukaran informasi dan bagaimana mengatasi beberapa hal yang berkaitan dengan isu tanaman kopi.

src: dailycoffeenews.com toolbox.coffeeandclimate.org img: coffeeandclimate.org

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.