Anema Kopi

Manfaat Detoks Menggunakan Terapi Enema Kopi

Jika Anda merupakan penghuni kota besar dengan gaya hidup sibuk dan makan yang kurang teratur, atau memiliki pola makan tidak sehat, Anda mungkin sering terserang penyakit yang berkaitan dengan menurunnya daya tahan tubuh serta gangguan pencernaan. Terapi enema kopi pun menjadi salah satu terapi kesehatan alternatif yang mulai diburu oleh para penderita gangguan pencernaan, penyakit akibat penumpukan toksin dan gaya hidup kurang sehat. Enema sendiri sebenarnya merupakan terapi kesehatan yang sudah populer sejak lama, namun populer kembali setelah makin meningkatnya kesadaran akan kesehatan.

Mengapa Enema Kopi Penting untuk Detoks?

Alat pencernaan, terutama usus besar (kolon) menjadi salah satu bagian tubuh yang paling harus bekerja keras, namun kerapkali tidak didukung oleh gaya hidup kita sendiri. Banyak penyakit yang bersumber dari kurangnya perhatian terhadap kesehatan pencernaan, terutama usus besar. Itulah sebabnya kanker usus besar menjadi salah satu penyakit yang paling sering menyerang mereka yang menjalani gaya hidup serba modern yang penuh dengan aktifitas yang membuat malas bergerak, serta makanan miskin serat dan vitamin namun kaya gula dan lemak.

Beban pencernaan yang terlalu berat serta penumpukan toksin juga mengakibatkan berbagai gangguan dan penyakit lain, seperti susah buang air besar, penumpukan gas di perut, maag, perut gembung, obesitas, sering pusing dan tak bertenaga, kulit kusam, gangguan kulit dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi ketika proses pencernaan tak berjalan lancar, gizi sulit diserap dan banyak toksin menumpuk di dalam rongga pencernaan, termasuk dalam usus besar.

Agar bisa tetap sehat, Anda harus menyingkirkan tumpukan toksin dan kotoran di perut Anda. Akan tetapi, seringkali tidak semudah itu. Jika Anda tidak bisa menyingkirkan kotoran dan toksin yang menumpuk dalam usus besar Anda, apa yang harus dilakukan? Enema kopi adalah jawabannya. Dengan mencuci usus besar menggunakan larutan kopi murni yang kaya antioksidan, usus besar Anda akan menjadi lebih bersih dan bisa kembali berfungsi dengan baik.

Manfaat Enema Kopi bagi Kesehatan

Enema telah diketahui diterapkan pada abad pertengahan, diterapkan pada para prajurit saat Perang Dunia 1, bahkan diteliti berbagai lembaga seperti National Research Council serta masuk dalam daftar terapi kesehatan di Merck Manual. Banyak orang agak ragu melakukan enema kopi, karena bayangan mencuci usus besar dari luar sering dirasa menakutkan. Akan tetapi, dengan penerapan yang benar secara teratur, enema kopi dapat mendatangkan berbagai khasiat kesehatan seperti:

  • Melancarkan pencernaan. Enema kopi dapat membantu merangsang keluarnya empedu, yang pada gilirannya akan membantu agar usus besar tidak terlalu banyak menyerap toksin dari penumpukan kotoran bekas pencernaan makanan. Selain itu, kandungan empedu juga akan merangsang keluarnya zat alkali yang bermanfaat untuk membersihkan usus besar.
  • Melancarkan proses detoks. Proses pencernaan yang kurang lancar serta asupan makanan yang kurang bergizi membuat toksin menumpuk dalam tubuh dan harus dikeluarkan. Enema kopi baik untuk merangsang kerja hati agar memproduksi lebih banyak enzim GST yang merangsang keluarnya toksin dari dalam tubuh. Enema kopi membantu proses ini karena kandungan alaminya lebih mudah diserap jika disemprotkan langsung ke dinding organ pencernaan.
  • Melegakan nyeri kronis. Hal ini pertama kali didokumentasikan pada upaya mengurangi rasa sakit yang dialami prajurit saat Perang Dunia 1, dimana perawat terkadang melakukan enema kopi demi mengurangi rasa sakit kronis pada saat obat penghilang rasa sakit sedang langka.
  • Menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Dengan dilarutkannya toksin dari dalam tubuh Anda, berarti Anda sudah mengurangi kemungkinan terserang penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan racun dalam tubuh, termasuk penyakit yang berkaitan dengan kurangnya daya tahan tubuh. Anda pun lebih segar dan aktif.
  • Meningkatkan energi dan membuat awet muda. Proses detoksifikasi membuat tubuh Anda lebih bersih sehingga radikal bebas dari penumpukan toksin tak lagi mengganggu Anda. Kulit pun menjadi lebih cerah, tingkat energi meningkat, wajah lebih berseri dan perut terasa lebih lega dan tidak ‘sebah.’ Anda pun merasa dan terlihat lebih baik.
Melihat berbagai macam khasiatnya, tidak heran jika enema kopi masih diburu oleh banyak orang sebagai salah satu alternatif terapi kesehatan. Sayangnya, terapi ini masih kurang dikenal, dan seringkali sudah terlanjur banyak dikritik. Padahal, dengan pengaplikasian yang benar, terapi ini memberi banyak manfaat kesehatan.

Cara Melakukan Enema Kopi

Banyak orang berpikir hanya dengan membeli alatnya mereka sudah dapat melakukan enema kopi. Akan tetapi, terapi ini tetap sesuatu yang harus dilakukan hanya oleh ahlinya. Selain agar bisa diterapkan dengan lebih tepat, proses enema yang tidak higienis dan tepat dapat memicu resiko seperti infeksi bakteri di dalam organ pencernaan. Karena itu, sebelum mencoba terapi ini, pastikan menemukan orang yang memang ahlinya.

Selain itu, menurut dr. Max Gerson yang mempopulerkan enema kopi, hanya melakukan enema saja tidak cukup. Agar hasilnya lebih permanen dan bisa membuat Anda sehat untuk jangka panjang, enema harus disertai dengan kebiasaan sehat yang baik bagi pencernaan serta kesehatan secara keseluruhan, seperti mengonsumsi pola makan sehat kaya serat dan vitamin, banyak berolahraga, punya jam tidur yang teratur dan pelajari cara mengurangi tingkat stres. Enema kopi di sini hanya membantu menyingkirkan toksin yang sudah menumpuk, namun selanjutnya, Anda harus aktif menjaga kesehatan Anda sendiri.

Dengan gabungan antara hidup sehat dan enema kopi, Anda pun bisa mendapatkan khasiat kesehatan yang luar biasa.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.