APA ASYIKNYA PERHELATAN KOMPETISI KOPI?

Kopi itu perayaan. Dan perhelatan kompetisi kopi yang diadakan  berbagai lembaga dan oknum adalah sebuah keseruan yang tak karuan asyiknya.

MESKI tak pernah ikut kompetisi kopi apapun, saya sangat berbahagia dengan adanya kompetisi kopi yang diadakan semakin sering di berbagai belahan dunia. Bayangkan, kompetisi kopi ini bukanlah ajang anggar siapa paling jago (meskipun ada beberapa orang yang begitu), tapi terlebih menjadi tempat perayaan kumpulnya para pelaku kopi yang selama ini tersebar di mana-mana.

Untuk saya sendiri kompetisi kopi adalah sarana silaturahmi antar barista ke barista, pebisnis ke pebisnis, peminum kopi ke peminum kopinya. Pun antar barista ke pebisnis, ke peminum, ke penyangrai ke berbagai lapisan. “Kompetisi kopi itu penting bukan hanya perkara kemenangannya. Tapi apa-apa yang terjadi di saat perhelatan itu berlangsung. Ada tatap muka. Ada sapa, ada diskusi, ada jarak yang lebur,” kata seorang barista yang memang candu mengikuti kompetisi kopi mana saja.

Lalu apa pentingnya kompetisi kopi bagi para barista sendiri? Kebanyakan barista yang saya kenal dan mengikuti kompetisi kopi menganggap ajang ini adalah ajang keseruan. Penting juga untuk mengasah ilmu kopi, melawan rasa ketidakpercayaan diri dan yang paling penting katanya adalah bertemu orang baru dan menjalin relasi baru.

“Dalam kompetisi kopi menang bukanlah satu-satunya tujuan. Yang paling penting dari semua ini adalah merayakan kopi sebagai minuman paling digemari dan penuh filosifi,” kata seorang barista yang pernah juara namun tak mau disebut namanya.

Tak hanya barista saja, para penikmat kopi dari kalangan awam juga menganggap penting diadakannya perhelatan kompetisi kopi berikut dengan bazarnya. “Kalau tidak ada kompetisi kopi, penikmat kopi tidak akan memiliki hiburan soal kopi. Pun takkan bisa bertemu dengan barista-barista idola. Oh iya, dengan adanya acara begini bisa mencoba aneka kopi yang disajikan di setiap booth. Dalam satu acara bisa rangkap semua coba kopinya,” kata Andi yang memang suka datang ke acara kopi.

Well, masih adakah di antara kamu yang bertanya apa asyiknya kompetisi kopi diadakan? Jangan lupa mampir ke acara-acara kopi karena ini bukan perihal kompetisi tapi keseruan yang lama-lama menjadi tradisi di industri kopi.

Orang-orang yang diwawancarai ditemui di Pesta Kopi Mandiri Surabaya 2018 kemarin.

Foto utama dari catch.nsw.edu.au

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.