APA CANGKIR KOPI TERBAIK UNTUK MINUM KOPI?

Banyak yang tidak tahu bahwa kenikmatan kopi bisa tergantung juga pada jenis cangkirnya. Oleh karena itu, mari cari tahu cangkir yang bagaimana yang terbaik untuk kopimu.

PERNAH tidak merasakan nikmat kopi itu berbeda saat meneguknya di cangkir tertentu? Atau nikmatnya mendadak berkurang saat kamu secara tak sengaja menyeruput langsung dari paper cup? Cangkir kopi bagaimana pun sangat memengaruhi kenikmatan dan rasa dari kopi yang kamu teguk. Lalu sebaiknya cangkir kopi jenis apa yang terbaik dan pantas menemani ritual ngopi kamu sehari-hari? Mari cari tahu jawabannya dari beberapa jenis material cangkir kopi di bawah ini.

Plastik

Cangkir kopi yang terbuat dari bahan plastik bukanlah salah satu pilihan yang diunggulkan. Kenapa? Karena sisa kopi dan sisa jenis minuman berasa lainnya biasanya mengendap pada dinding plastik cangkir tersebut. Juga ‘aroma’ plastik yang khas itu terkadang bisa terbawa pada air kopi yang kamu seduh. Apalagi kopi biasanya diseduh panas di atas suhu 85’C. Jika kamu ingin memutuskan membeli cangkir kopi untuk jangka panjang sebaiknya tidak memilih bahan plastik ini. Namun keuntungannya adalah cangkir kopi plastik ini ringan, ekonomis dan mudah dibawa kemana-mana karena anti-pecah.

cangkir-kopi

Stainless Steel

Material yang satu ini mungkin adalah satu material yang paling banyak digunakan untuk cangkir kopi jenis tumbler dan termos. Kenapa? Karena senyawanya yang mampu menahan panas kopi terutama untuk mereka yang suka membawa kopinya kemana-mana dan menyimpannya selama berjam-jam. Namun, beberapa pengguna stainless steel mengatakan terkadang aroma metal bisa menguap pada kopi dan hal tersebut memang bukanlah suatu hal yang menyenangkan. Siapa coba yang suka kopinya tetiba beraroma besi yang berasal dari cangkir yang digunakan. Meski begitu, stainless steel adalah material paling asik untuk kamu yang memang gemar melakukan perjalanan.

Kaca

Kaca adalah material paling pas dan tak banyak tingkah. Kaca tidak memberikan ‘bau’ atau ‘rasa’ apapun yang bisa memengaruhi rasa pada kopi. Kaca juga memiliki banyak sekali jenis dan rupa sehingga asik untuk dikoleksi bagi para penikmat kopi. Tapi kaca tidak terlalu efektif dalam menahan panas pada kopi yang kamu seduh. Kecuali cangkir kopi yang kamu gunakan adalah jenis double wall yang memang mampu menahan panas lebih lama dan tentunya memiliki desain yang keren. Beberapa double wall keren bisa kamu lihat wujudnya dalam Kinto Kronos Double Wall dan Bodum Titlis Double Wall Glass.

Credit : tastingtable.com
Credit : tastingtable.com

Keramik & Porselain

Material keramik dan porselain adalah dua material yang dianggap paling tepat untuk ‘memeluk mesra’ kopimu setiap hari. Itu kenapa hampir seluruh kedai kopi di dunia memilih keramik ataupun porselain di kedai kopi mereka. Dua material ini mampu menahan panas secara baik dan juga tidak memberikan bau dan rasa pada kopi yang kamu teguk. Bahannya yang baik, desain sederhana serta mantap digenggaman dan juga diteguk menjadikan cangkir-cangkir berbahan ini idola bagi para penikmat kopi. Karena kualitasnnya itu, cangkir-cangkir bermaterial keramik dan porselain harganya sedikit lebih mahal dari material lain. Salah satu brand cangkir kopi ternama yang mungkin sering kamu dengar adalah Acme Cup. Cangkir-cangkir Acme Cup adalah cangkir terbaik yang sudah terbukti berkualitas dan paling banyak diminati di seluruh dunia.

cari-kopi

 

256 total views, 32 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

3 Comments
  1. Mimin kurang piknik nih…. ada cangjir enamel yg unik dan banyak dipakai di warkop dan cafe. Berkesan teadisional, klasik dan bikin suasana lebih cair saat nongki.

    1. Hai Mas Taufik. Mimin pikniknya sering banget malahan. Cangkir enamel memang asyik dan klasik tapi kita kan bukan bicara asyiknya saja. Cangkir enamel ringan dan gampang dibawa kemana-mana tapi tidak bisa menahan panas terlalu lama. Salam kopi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.