APA ITU CHICORY COFFEE?

Satu lagi jenis minuman yang katanya ‘kopi’ tapi tidak ada kopi-kopinya di dalam kandungannya. Yes, Chicory Coffee!

UNTUK kita keberadaan chicory coffee ini mungkin baru saja terdengar gaungnya. Tapi untuk masyarakat di belahan dunia lain, chicory coffee telah ada sejak dahulu kala. Bahkan kemunculan chicory coffee ini katanya telah ada sejak tahun 1800-an. Dan muncul dikarenakan pada masa itu terjadi krisis terhadap kopi di Perancis maka mereka menyeduh chicory coffee.

Lalu jika bukan kopi, apa sebenarnya chicory ini? Seperti disunting dari healthline.com, chicory coffee adalah minuman yang dibuat dengan menggunakan akar tanaman chicory yang diseduh selayaknya kopi. Sebelumnya tanaman ini disangrai terlebih dahulu dengan tingkat kematangan tertentu agar rasanya nikmat saat diseduh.

Chicory sendiri adalah tanaman bebungaan, akar-akaran  yang masih termasuk di dalam keluarga dandelion. Tanaman ini ditandai dengan batang yang keras, berbulu dan memiliki bunga dan daun ungu muda. Umumnya chicory dipakai sebagai campuran salad. Chicory tumbuh di alam liar dengan nama latin Cichorium Intybus yang memang memiliki khasiat dan sudah dipakai sebagai obat-obatan herbal sejak zaman dahulu.

Bahkan pada masa Perang Sipil yang terjadi di beberapa daerah di Amerika Serikat, chicory coffee sudah diseduh di New Orleans. Pada masa itu terjadi krisis kopi dan salah satu pelabuhan tempat masuknya barang salah satunya kopi diblokade sehingga digunakanlah chicory coffee sebagai pengganti kopi sementara.

Lalu bagaimana rasa dari chicory coffee ini? Menurut beberapa orang yang mencandu minuman ini, chicory coffee memiliki rasa yang agak mirip dengan kopi. Dengan karakteristik rasa yang sekilas woody (kekayuan) dan nutty (kacang-kacangan). Itu kenapa banyak yang mengonsumsi minuman ini karena selain enak dan mirip kopi, dia juga sama sekali tidak mengandung kafein.

Cara menyeduhnya juga sama seperti menyeduh kopi. Bisa dengan alat seduh manual dan bisa juga dicampur dengan susu jika suka. Selain itu, chicory coffee memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mencegah penumpukan kolestrol, memberi kandungan serat yang baik untuk pencernaan serta memaksimalkan fungsi hati.

Jadi ada yang mulai tertarik mencoba chicory coffee, tidak?

Foto utama dari hdinetwork.com

Artikel disunting dari healthline.com dan livestrong.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.