APA ITU COFFEE NAPS?

Tidur siang dan kopi adalah dua hal yang berbeda. Tetapi saat melakukan coffee nap keduanya bersatu untuk membuat tubuhmu bekerja lebih baik dari biasa.

Di Indonesia istilah coffee naps atau tidur siang setelah ngopi adalah istilah yang tak belum lazim terdengar. Sedangkan di luar negeri khususnya Eropa dan Amerika coffee naps sudah menjadi rutinitas manusia urban atau masyarakat pekerja yang sehari-harinya disibukkan oleh pekerjaan yang menguras otak dan tenaga.

Coffee naps adalah sebuah tidur siang singkat yang biasanya dilakukan 10 – 20 menit setelah kamu menikmati secangkir kopi di afternoon coffee-mu setiap harinya. Istirahat siang ini berguna untuk memompa semangat dan tenaga agar kamu tak merasakan kantuk yang sering menyerang di jam-jam kerja. Kenapa? Karena kafein pada kopi tentu saja membantu tubuh lebih aktif dan memompa tenaga menjadi lebih semangat. Sedangkan istirahat dalam tidur siang setelah minum kopi berguna mengistirahatkan tubuh selama tubuh memproses kafein yang masuk.

Saat kamu dalam keadaan rileks, kafein bekerja lebih cepat dan efektif daripada saat kamu melakukan kegiatan. 20 menit tidur siang memberi efek yang dahsyat. Coffee naps dipercaya mampu menyingkirkan adenosine yaitu zat penyebab kantuk. Shut down your body for few minutes after your afternoon coffee. And trust me, it will boost your energy!

 

Berikut beberapa langkah untuk melakukan coffee naps!

  1. Makan siang. Pastikan kamu sudah makan siang jadi tak akan terganggu lagi oleh rasa lapar. Makan sianglah secara cepat agar kamu punya waktu lebih lama untuk coffee naps.
  2. Seduh kopi. Pilih biji terbaik, seduh dengan cara yang paling kamu suka.
  3. Nikmati kopimu. Jika butuh dua cangkir nikmati cangkir kedua dengan bahagia.
  4. Jika kamu di rumah, tidurlah di sofa atau kamar dengan nyaman. Jika kamu di tempat kerja, kamu bisa tidur di kubikel atau tempat kerjamu punya ruangan khusus untuk karyawan.
  5. Pasang alarm. 10 – 20 menit agar kamu tidak ketiduran. Pastikan alarm bekeja dengan baik.
  6. Rileks dan kosongkan pikiran. Make yourself comfortable. Jangan biarkan pekerjaan yang belum selesai mengganggu proses coffee naps.
  7. Tutup mata dan cobalah santai.
  8. Saat bangun bisa dipastikan energi dan semangat kamu akan bertambah dua kali lipat. Tapi ingat ya jangan sampai ketiduran.
  9. Selamat mencoba!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Setuju banget buat tidur siang, bagus buat kesehatan, dan dalam agama Islam juga diriwayatkan Qailulah (tidur pada pertengahan siang) meski ada perdebatan apakah sebelum atau setelah zuhur. Tapi valid atau tidak wallahu alam yah. aku cuma pernah dengar dan baca demikian. Dipadu dengan ngopi sebelumnya sepertinya menarik.
    Sayangnya, tidak ada kantor yang mengakomodasi karyawan untuk tidur siang sejenak. Padahal bagus banget buat produktivitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.