APA ITU COFFEETOGRAPHY?

Fenomena kopi yang menyebar di segala aspek kehidupan ternyata tak melulu berbicara cita rasa. Tapi kini merebak luas ke ranah kultur dan sosial.

Foto dari juaralife.com
Foto dari juaralife.com

KITA sering melihat foto cangkir kopi yang diletakkan di atas meja, atau foto kopi diseduh dengan asap mengepul oleh sang barista di sosial media. Ya, kini kopi menjadi objek foto menarik tak hanya bagi peminum kopi aktif atau mereka yang bergeliat di industri kopi, tetapi juga mereka yang mendalami fotografer yang mau tak mau terseret arus third wave era. Para hipster berlomba-lomba menampilkan foto kopi terbaiknya. Akun-akun Instagram yang mengkhususkan dirinya kepada kopi pun muncul satu per satu. Dan di sinilah sebuah fenomena fotografi muncul dan mengukuhkan namanya menjadi satu sub-bidang: coffee photography.

Foto dari hdfreepics.com
Foto dari hdfreepics.com

Jadi dengan bahasa sederhana, coffee photography adalah sebuah bagian kecil dari dunia fotografi yang secara khusus mengabadikan kopi dan segala sesuatu yang berkaitan dengan kopi ke dalam foto. Tak ada yang tahu pasti kapan coffee photography lahir dan siapa yang pertama kali menyebut istilah ini. Yang jelas, sama seperti bidang fotografi lainnya seperti food photography, street photography, human interest, dan landscape, coffee photography menjadi bagian kecil yang menambah khasanah dunia fotografi.

Foto dari taiwanlovescoffee.tumblr.com

Lalu siapa saja yang disebut sebagai coffeethographer? Siapa saja yang memiliki minat terhadap kopi dan gemar mengabadikan ritual yang ada di dalam kopi dengan passion yang tak terbatas. Coffeethographer bisa saja fotografer profesional yang memfoto kopi karena pekerjaan atau karena minat. Bisa juga pengguna akun Instagram yang gemar mengabadikan setiap cangkir yang dia teguk di kedai kopi. Atau juga barista-barista yang mengabadikan hasil latte art buatannya.

Foto dari favim.com
Foto dari favim.com

Bisa juga mereka yang bekerja bersama petani di kebun kopi. Intinya coffeetographer adalah siapa saja yang secara sering atau sesekali pernah mengabadikan gambar kopi. Seperti salah satu blog kopi bernama thecoffeetographer.com yang konten blognya berisi segala hal yang melingkupi kopi. Di sini kopi tak hanya sebagai figuran, tetapi inti yang menjadi konten utama blognya.

Nah sudah pada tahu ‘kan apa itu coffee photographer? Di artikel selanjutnya kami akan membahas bagaimana menjadi coffee photographer untuk pemula. Terima kasih telah membaca.

 

 

 

 

 

70 total views, 13 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Salah satu alasan dibalik penamaan ” merk dagang” kopi iseng2 yg dilatarbelakangi kegemaran akan dunia potret-memotret (sekedar photography enthusiast) dan ” dunia hitam” perkopian jadilah @the_ Kofie_ Graph
    Hehehe. Sekarang malah ada istilah coffeetography

Leave a Reply

Your email address will not be published.