APA ITU CORTADO DAN BAGAIMANA CARA MEMBUATNYA

Pernahkah mendengar istilah Long Black dan Americano, yang menariknya komposisi sajian minuman kopi ini adalah sama, yang berbeda metode penyajiannya. Jika Long Black mendahulukan air kemudian espresso, sedangkan Americano mendahulukan espresso yang kemudian dituangkan air ke dalam cangkirnya. Inilah uniknya sajian kopi, berbeda metode penyajian berbeda pula nama dan sejarahnya. Begitu juga Cortado, walau sekilas hampir mirip dengan Machiato dan Cappuccino, yang membedakan mereka adalah rasio susu yang digunakan.

APAKAH Cortado merupakan sederetan sajian caffè latte, bisa dikatakan demikian. Namun, jika pengertian caffè latte mengacu pada rasio susu yang digunakan, mungkin Cortado tidak termasuk dalam kategori latte. Cortado sangat umum menggunakan perbandingan rasio 1:1 saat membuatnya. One shot espresso yang digunakan akan sama dengan jumlah susu yang digunakan dalam membuat secangkir Cortado.

credit: caffenero.com

Sajian asal Spanyol ini sangat akrab disajikan dengan cangkir yang terbuat dari gelas atau metal, sangat jarang sajian cortado disajikan dengan cangkir yang terbuat dari keramik. Berbeda dengan sajian latte yang membutuhkan susu dengan buih yang optimal untuk menampilkan tekstur art pada permukaan sajian kopi. Susu yang digunakan pun, tidak memerlukan buih yang terlalu banyak hanya secukupnya saja.

Cerita dibalik sajian Cortado ini masih meninggalkan kisah yang masih samar. Secara harfiah, cortado bermakna memotong “cutting“, dari bahasa Spanyol “cortar“. Kisah yang berkembang, mengapa penamaan sajian ini cortar, niatnya dengan menambahkan susu pada sajian espresso akan dapat memotong rasa asam yang ada pada kopi, sehingga ada sensasi manis dari susu tersebut. Mungkin bagi penikmat kopi akan bertanya-tanya apa perbedaan Cortado dengan Flat White, dan mana yang lebih nikmat.

credit: google image

CORTADO dan FLAT WHITE

Jika berbicara soal rasio susu yang digunakan, pasti akan berpendapat, Cortado dengan Flat White tidak ada bedanya. Sajian Flat White, memang hampir mirip dengan Cortado, belum lagi sajian Flat White sangat sering disajikan dengan cangkir gelas serupa dengan sajian Cortado. Dan sekilas, tidak akan terlihat jelas perbedaan antara Cortado dengan Flat White, namun sebenarnya kedua sajian ini berbeda. Cortado berasal dari Spanyol, sedangkan Flat White asalnya dari Australia, di Australia penyebaran kopi menurut ceritanya kopi berkembang dari teknik sajian yang dibawa oleh imigran asal Itali. Maka sajian Flat White, menggunakan foam milk yang menghasilkan tekstur buih untuk ditambahkan ke espresso. Sedangkan Cortado, walau komposisinya sama espresso dan susu, tapi susunya menggunakan susu yang dipanaskan, tidak menggunakan foam milk.

Secara sederhana mengartikannya, Cortado umumnya disajikan dengan cangkir gelas berukuran 150-200ml, dengan menggunakan susu yang disteam tanpa buih berlebih, bisa dibilang hanya susu yang dipanaskan.

Namun kemudian muncul pertanyaan lagi tentang Cortado, lalu apa perbedaan Cortado dan Gibraltar. Dari forum reddit, menjelaskan sebenarnya Cortado dan Gibraltar tidak ada bedanya, penamaan ini berubah karena cangkir yang digunakan. Dinamakan Gibraltar ketika cortado disajikan dengan gelas gibraltar, dan dinamakan cortado ketika disajikan dengan cangkir apa saja sekitar 5-7oz, sekitar 150-200ml.

credit: rokkitchentools.com

MEMBUAT CORTADO DI RUMAH

Membuat Cortado sudah pasti memerlukan persiapan komposisi sajiannya, adalah espresso dan susu yang merupakan komposisi penting. Artinya harus menyediakan espresso dan susu di dapur rumah. Untuk membuat sajian Cortado di rumah tidaklah sulit, belum lagi banyak sekali alat kopi yang fleksibel dan tidak merepotkan ketika ingin membuat espresso di rumah. Seperti Rok Presso atau Flair Espresso Maker, sangat sesuai untuk memenuhi kebutuhan akan espresso di rumah kita. Nah, setelah menyediakan espresso, kemudian kita harus mempersiapkan susunya sebagai bahan paduan untuk menghasilkan Cortado.

credit: pinterest.com

  • Persiapkan single espresso dengan alat kopi favorit kamu
  • Sediakan susu dengan rasio 1:1 berbanding dengan espresso (opsional rasio 1:2 espresso dengan susu)
  • Panaskan susu menggunakan Steam Wand pada Bellman Stove Top tidak perlu terlalu foamy (atau memanaskannya menggunakan kompor dengan suhu yang dirasa pas, tidak terlalu banyak buih)
  • Dan kemudian, masukkan espresso di cangkir ukuran 150-200ml, selanjutnya menuangkan susu yang telah disediakan tadi dengan menggunakan sendok untuk menghambat laju mikro foam yang tercipta dari persiapan susu tadinya.
  • Setelah susu sudah dimasukkan semuanya, giliran mikro foam tadi diletakkan di atas permukaan sajian kopi. Dan jadilah Cortado.

Catatan kecil, jika Cortado disajikan dengan gelas Gibraltar, umumnya sajian ini akan familiar dengan sebutan Gibraltar.

src: nutscoffee.com reddit.com img: caffenero.com

2 Comments
  1. “Jika Long Black mendahulukan air kemudian espresso, sedangkan Americano mendahulukan espresso yang kemudian dituangkan air ke dalam cangkirnya”

    Ini bukannya hasilnya sama saja ya? rasa nya juga akan sama kan? mohon petunjuknya

  2. Beda rasa bg..biasa nya americano rasa nya lebih ringan di banding long black kalau sy gk salah..krna saat espresso terlebih dahulu yg di tuang..kemudian air panas..maka otomatis air panas akan berbaur rata dgn espresso..krna biasanya rasio air ny lebih bnyk dri espresso. Kalo long black biasa ny lebih terasa kopi ny dri pada Americano krna air panas terlebih dahulu lalu espresso masuk. Maaf sya juga baru belajar..jika ada yg slh mohon di koreksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.