APA ITU DEMITASSE CUP?

Pernah mendengar istilah demitasse cup saat nongkrong di kedai kopi? Mungkin kita semua pernah dengar tapi masih bingung apa sebenarnya si cangkir demitasse ini.

LIMA tahun lalu sebelum benar-benar mengerti tentang kopi dan seluk-beluknya (meskipun sekarang masih belajar juga), ada begitu banyak istilah yang membingungkan saya. Salah satu istilah itu adalah demitasse cups yang biasa dikenal dengan cangkir kecil untuk espresso ini.

Demitasse yang dibaca dengan dem-E-tas yang diambil dari Bahasa Perancis yang berarti half-cup (setengah cangkir) ini ternyata tak hanya sekedar istilah lain untuk menyebut cangkir espresso. Demittasse cup juga biasa dipakai dalam penyajian turkish coffee karena ukurannya yang kecil. Demitasse cup umumnya menampung 60 -90 ml kopi. Bentuknya dibedakan atas dua jenis yaitu dengan gagang cangkir dan tanpa gagang.

credit: five senses

Demitasse cup di era sekarang sering dipakai untuk menyajikan single shot espresso, double shots espresso dan juga turkish coffee. Istilah demitasse sendiri tak hanya merujuk nama dan ukuran dari sebuah cangkir tetapi juga ukuran kopi saat memesan. Di Eropa sendiri sering terdengar di kedai kopi orang memesan dengan “a cup demitasse of coffee, please.” Dengan kata lain ukuran kopinya tersebut yang disebut demitasse, bukan jenis cangkirnya.

Demitasse cup umumnya terbuat dari material porselain, keramik dan juga tanah liat. Dan kini demitasse cup bisa kamu miliki dari berbagai brand aksesoris kopi semacam Acme Cup  brand cangkir kopi tersohor asal Selandia Baru. Di berbagai negara demitasse memiliki banyak nama seperti šáleček pohár di Cekoslowakia, den demitasse di Denmark, de demitassekop di Belanda, demitasse kuppi di Finlandia, la tazzina di Italia dan banyak lainnya. Kadang-kadang demitasse juga dikenal dengan sebutan demi cup dan child’s size tergantung di mana kamu berada.

Jadi jangan perna bingung lagi saat kamu mendengar istilah demitasse atau demitasse cup karena di artikel ini sedikit banyak telah dijelaskan jawabannya. Semoga menambah pengetahuan ya.

Artikel disunting dari thespruce dan wikipedia

Foto utama dari gearpatrol.com

 

 

303 total views, 14 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.