APA ITU ENEMA KOPI?

Kita semua tahu bahwa kopi memang banyak manfaatnya bagi tubuh. Tapi tahukah kamu bahwa enema kopi ternyata adalah salah satu pengobatan alternatif yang bisa menyembuhkan?

ADA begitu banyak manfaat kopi yang sudah teruji baik untuk tubuh kita. Baik diminum maupun diaplikasikan pada bagian luar tubuh, kopi berperan banyak membantu kita dalam urusan kesehatan. Tapi tahukah kamu bahwa ada yang namanya enema kopi, yang merupakan pengobatan alternatif yang katanya mampu membuang racun dalam tubuh kita.

Lalu apakah enema kopi itu sebenarnya? Menurut hellosehat.com dan healthline.com, enema kopi adalah sebuah pengobatan alternatif yang tekniknya menggunakan air kopi dengan cara memasukkannya melalui anus yang berfungsi membersihkan usus dan membuang racun-racun yang ada di dalamnya.

Air kopi dimasukkan hingga menyentuh usus besar dan kemudian akan merangsang usus besar mengeluarkan sisa-sisa makanan dan racun yang menghambat di dalam sana. Dengan kata lain, enema kopi ini bisa membantu mereka yang mengalami sembelit dan juga berperan sebagai pencahar.

Namun, menurut healthline.com lagi, peran enema kopi tidak hanya sesederhana itu saja. Perannya jauh lebih besar dari sekadar pencahar. Menurut penemunya Max Gerson, enema kopi ini mampu menyingkirkan bakteri yang ada pada sistem pencernaan, membunuh sel kanker dan juga sebagai detox pada tubuh manusia.

Awanya pada 1900-an, Max Gerson mencari solusi untuk menanggulangi kanker dan dia percaya bahwa segala proses detoksisasi tubuh harus menggunakan segala sesuatu yang natural salah satunya adalah dengan enema kopi ini. Untuk beberapa kasus alternatif pengobatan dengan enema kopi ini berhasil bagi beberapa orang.

Tetapi tak ada jurnal kedokteran yang menulis dan meneliti dengan pasti mengenai ini. Oleh sebab itu, banyak yang meragukan pengobatan alternatif ini. Karena proses pengobatannya bisa membahayakan tubuh pasiennya jika prosesnya salah atau tubuh tidak siap menerima asupan kopi tesebut. Risiko kegagalan juga cukup tinggi. Dan karena tidak ada ilmu kedokteran yang menjamin ini, maka enema kopi ini tidak bisa dijadikan acuan pengobatan yang pasti.

Artikel disunting dari healthline.com dan hellosehat.com

Foto utama dari search engine

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.