APA ITU KOPI KOBOI?

Kopi campur telur sudah biasa. Kalo kopi campur cangkang telur bagaimana?

BICARA soal kopi, tentu tidak melulu soal specialty. Ada banyak kopi di luar specialty. Anda boleh saja ahli dalam menggunakan beragam alat seduh kopi dan perlengkapan pendukung lainnya. Persoalannya, kalau alat-alat itu tidak ada bagaimana? Anda barangkali akan berpikir pergi ke gerai kopi terdekat saja. Tapi, adakah pilihan alternatif selain itu? Jelas ada. Hanya saja, hasilnya tidak akan sama dengan kopi specialty yang biasa anda konsumsi.

Di Amerika Serikat, dataran Texas, tempat di mana koboi-koboi berada ada satu resep kopi yang cukup ‘aneh’. Kopi yang lazim disebut cowboy coffee ini merupakan bubuk kopi gilingan medium jenis apapun yang direbus langsung bersama cangkang telur. Bayangkan bagaimana wujudnya.

Perebusan ini bukan tanpa sebab. Cangkang telur bisa membantu proses pengendapan ampas kopi lebih cepat, ketimbang menunggu 5-10 menit untuk mengendap dengan sendirinya. Alasan lain di balik penggunan cangkang telur ialah sifat alkali yang terkandung di dalamnya. Ia dianggap lebih ampuh dalam mengurangi tingkat keasaman (dan sedikit kadar pahit) kopi. Rupanya cangkang telur bukan cara satu-satunya. Sebagian orang lebih memilih menunggu ampas turun sendiri, beberapa lainnya memilih memasukkan air dingin ke dalam kopi yang sudah matang. Sebagian lagi suka mengkombinasikan 3 cara tersebut. Ini soal selera saja.

crushed eggshell sumber mesin pencari

Kopi koboi juga dikenal sebagai kopi yang ‘asal jadi’. Meski tidak secepat kopi instan, ia juga tidak seribet kopi specialty. Kopi koboi tidak punya resep pakem mengenai suhu air atau berapa gram bubuk kopi yang digunakan. Lebih lengkap, kopi koboi adalah representasi budaya ngopi koboi-koboi Amerika yang tidak suka banyak basa-basi. Katanya begitu.

Daripada banyak basa-basi soal kopi koboi, lebih baik kita mencari tahu cara membuat kopi ini. Sekali lagi, kopi koboi tidak punya pakem ukuran. Ini hanya panduan saja. Sisanya, anda yang menentukan. Selamat mencoba.

Yang Dibutuhkan (Asumsi untuk 8 Cangkir):

10 sendok makan bubuk kopi gilingan medium

10 cangkir air bening

5 cangkang telur yang sudah dibersihkan dan diremukkan

Cara Membuat:

  1. Campur semua bahan jadi satu.
  2. Masak hingga mendidih, sambil sesekali diaduk merata.
  3. Tutup wadah memasak. Tunggu sampai mendidih sekitar 5-7 menit.
  4. Jika sudah mendidih, biarkan sekitar 2 menit sambil wadah masih tertutup.
  5. Tuangkan kopi koboi ke tiap gelas secara perlahan, agar ampas kopi dan cangkang telur tidak ikutan.

 

Penulis: Arya Adikristya, mahasiswa magang di Otten Magazine. Bisa minum kopi, bisa juga tidak minum kopi. Sapa ia melalui akun Twitter/Instagram @adikristya dan Facebook fb.me/AadikristyaN
Editor : Mustika T. Yuliandri
Artikel dan foto disunting dari thekitchnn.com dan sprudge.com

cari-kopi

Otten Coffee

Otten Coffee adalah coffee source terbesar dan penyedia alat-alat kopi terlengkap bagi para pencinta kopi Indonesia.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.