APA ITU SAMBUCA COFFEE?

Pernahkah kamu melihat tiga biji kopi atau lebih mengapung di atas permukaan minuman? Penasaran dengan minuman tersebut? Perkenalkan, itu adalah Sambuca Coffee!

SAYA pun pernah merasa sangat penasaran setelah melihat di sebuah film minuman beralkohol yang di permukaannya mengapung tiga biji kopi. Tak hanya di film, saya juga pernah melihat seseorang meneguk minuman beralkohol dengan tiga biji kopi di sebuah bar di Singapura. Usut punya usut minuman dengan tiga biji kopi ini adalah sambuca atau dikenal juga dengan sambuca coffee karena menggunakan biji kopi di permukannya.

Sambuca sendiri adalah minuman beralkohol khas Italia yang terbuat dari jenis buah-buahan bernama elderberry. Sambuca ini begitu popular di Italia Selatan lalu menyebar di hampir seluruh dunia. Sambuca hadir dalam tiga jenis yaitu red sambuca, white sambuca dan black sambuca. Seperti layaknya minuman beralkohol seperti wine, whiskey dan lain-lain, sambuca juga hadir dalam beragam merek.

Lalu apa hubungannya minuman ini dengan kopi di permukannya? Well, sambuca bukanlah sambuca jika tidak menggunakan tiga biji kopi yang sudah disangrai di permukannya. Tiga biji kopi ini dipercaya secara kultur Italia sebagai simbol yang melambangkan kesehatan, kekayaan dan keberuntungan. Meskipun kadang-kadang sambuca disajikan dengan lebih dari tiga biji kopi (paling banyak 7 biji kopi), tapi umumnya memang menggunakan tiga biji sangrai saja sebagai simbol yang mengusung filosofi tadi.

Selain alasan filsofi dan kultur masyarakat Italia, dipilihlah kopi sebagai ‘teman’ dalam menikmati sambuca adalah karena dinilai biji kopi yang sudah disangrai gelap tersebut mampu menyeimbangkan rasa manis pada sambuca karena kopi memberi pahit yang khas. Jadi sambuca akan semakin mantap rasanya jika disertakan biji kopi di atasnya. Tapi saat menikmati sambuca ini cukup airnya saja yang diteguk, biji kopinya jangan.

Di Italia sendiri biasanya sambuca dinikmati sehabis makan atau pada saat cuaca sedang dingin. Sambuca dipercaya mampu melancarkan pencernaan sesaat setelah makan. Oleh karena itu, sambuca biasanya selalu ada dan disediakan di meja makan karena langsung dinikmati setelah ritual makan usai.

Nah, untuk kamu yang selama ini penasaran kenapa ada tiga buah biji kopi di atas minuman? Jawabannya sudah jelas dipaparkan ya. Ngomong-ngomong ada yang sudah pernah menikmati sambuca? Bagaimana pengalamannya?

Foto utama disunting dari thebacklabel.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.