APA ITU ‘WHITE COFFEE’?

Tidak, ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan kopi luwak itu ataupun jenis minuman seperti flat white dan teman-temannya.

LALU? Apa sebenarnya white coffee yang dimaksud? Jika kita familiar dengan kata white pada menu di kedai kopi yang merujuk pada jenis minuman flat white, cappuccino, piccolo latte dan latte, maka white coffee yang akan dibahas di sini tidak masuk satupun kelas minuman tersebut. White coffee yang satu ini merupakan jenis minuman khas Yaman yang sungguh sangat berbeda.

Nama white coffee diambil bukan karena banyaknya susu yang dipakai atau warnanya putih campuran susu. Tidak, sama sekali. White coffee sendiri adalah jenis minuman kopi yang biji kopinya disangrai dengan level roasting light plus dengan temperatur yang rendah dan jauh di bawah standar dunia roasting. Oleh karena itu, biji kopi ini menghasilkan kopi yang tidak gelap. d

Tak hanya sampai di sana, kopi yang telah disangrai dengan khusus tadi kemudian dicampur pada salah satu rempah khas Yaman yaitu hawaij. Nah, kemudian diseduhlah minuman ini dan terjadilah white coffee yang ternyata merupakan tradisi kuno masyarakat Yaman yang sudah dilakukan sejak 5000 tahun yang lalu. Kini, tak hanya di Yaman saja orang bisa menikmati white coffee karena di beberapa negara termasuk Amerika Serikat beberapa kedai kopi sudah mulai menyediakan menu ini.

Tak hanya unik dan nikmat, white coffee ini ternyata baik untuk kesehatan. Menurut Dr. Ben-Zion yang dilangsir dari thektchn.com menyebut white coffee sebagai heath elixir. Hal ini disebabkan proses sangrai yang sebentar. Karena menurutnya lagi semakin lama proses sangrai maka proses oksidasi akan semakin besar. Sedangkan semakin sebentar proses sangrai maka akan menghasilkan asam klorogenik yang melindungi sel tubuh manusia dari proses oksidasi dan implementasi. Maka dari itu white coffee ini dipercaya baik untuk kesehatan.

Artikel disunting dari thektchn.com

Foto utama dari wisegeek.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

7 Comments
  1. “…terjadilah white coffee yang ternyata merupakan tradisi kuno masyarakat Yaman yang sudah dilakukan sejak 5000 tahun yang lalu.”

    Sepertinya terjemahannya kurang tepat, ya? Di artikel aslinya kalimat yang digunakan adalah “White coffee comes from a centuries-old tradition in Yemen….”

    “Berabad-abad yang lalu” mungkin akan lebih pas dari “5000 tahun yang lalu”. Setahu saya, lima ribu tahun lalu di Timur Tengah masih zaman para Nabi dan belum ditemukan kopi. 🙂

    Anyway, excellent article. Jadi bisa ngebedain mana White Coffee yang asli dan White Coffee abal-abal yang dijual goceng dapet empat.

  2. Baru tahu ternyata white coffee merupakan minuman tradisi kuno Yaman, lantas bagaimana dengan banyaknya label white coffee sachet di pasaran apakah ini juga termasuk dalam kategori kopi menyehatkan seperti yang dijelaskan diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published.