APA KOPI TERPAHIT DI DUNIA?

Di kacamata orang awam, kopi itu harus pahit, kuat dan memberi energi. Berdasarkan itulah pertanyaan yang kerap datang kepada saya adalah “kopi apa yang paling pahit?”.

KATA pahit yang dimaksud orang awam atau mereka yang bukan peminum kopi aktif adalah sama dengan enak. Kopi yang enak adalah kopi yang pahit. Dan kopi yang baik adalah kopi yang bisa membuat mata terjaga semalaman dan memberi energi lebih di siang hari. Baik!

Lalu berdasarkan pendapat itu datanglah pertanyaan “apa kopi terpahit di dunia?”. Jujur saya tidak tahu apa kopi terpahit di dunia karena kemampuan saya untuk mencicip kopi dari seluruh belahan dunia belum sampai ke sana. Tapi jika perihal pahit setidaknya saya dan beberapa teman kopi sepakat bahwa kopi pahit bisa diciptakan sendiri. Dengan kata lain tidak ada kopi yang sejak dari tanaman sudah pahit tapi pahit bisa dikreasikan melalui banyak tahap. Mulai dari level sangrai hingga proses seduh dan jenis minuman kopinya.

Jika ada yang ingin menikmati kopi pahit, mungkin kamu bisa menjawabnya dengan membaca artikel ini. Pertama, suruh dia memilih biji kopi robusta. Robusta terkenal lebih pahit dengan profile yang khas. Setelah itu, si robusta tadi sangrailah dengan level dark and beyond. Italian roast atau French roast barangkali? Sudah pasti rasa pahit sudah tercipta meski kopi ini hanya kamu seduh dengan cara ditubruk saja.

Belum cukup sampai di sana? Silakan kopi yang tadi diracik menjadi espresso atau double espresso. Atau bisa juga diracik melalui metode Turkish Coffee yang terkenal dengan kutipan yang mematikan black as  hell, strong as death and sweet as love. Dijamin segala pahit dari kepahitan dunia akan lahir di cangkir kopimu.

Ingat pahit ini jangan dicampur gula ya. Karena pada umumnya orang yang meminta kopi pahit mencampurnya dengan gula atau susu kental manis. Lalu apa kopi paling pahit di dunia? Saya tidak tahu secara jenis dan varietas. Tapi seperti dipaparkan di atas, pahit itu bisa dibuat dan di tangan para ahli pahitmu bisa saja jadi istimewa.

Jadi, kopi apa yang paling pahit yang pernah kalian teguk? Sharing yuk!

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. sepertinya artikel ini tercipta dari pengalaman penulis saat bertemu orang-orang yang belum merasakan nikmatnya kopi generasi ketiga(third wave)….
    karena hal yang sama, saya selalu bawa biji kopi gosong(gagal) jika bertemu orang-orang seperti itu, dijamin mereka akan jauh lebih suka kopi gosong ini daripada bij-biji gesha yang di roast dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.