APA YANG DIINGINKAN PELANGGAN KETIKA NGOPI DI COFFEE SHOP

Mengapa penikmat kopi, walaupun memiliki bar kecil di dapur rumah mereka, kerap saja kedai kopi tidak hentinya untuk mereka singgahi. Apa yang menjadi daya tarik kedai kopi, sehingga para penikmat kopi datang lagi dan lagi.

UNTUK mencari kopi yang nikmat menurutnya, bukanlah lagi tidak mungkin, dan tidak harus pergi ke kedai kopi hanya untuk mencari kopi yang nikmat. Untuk menyeduh kopi banyak sekali alat kopi yang dijual untuk memenuhi kebutuhan, seperti Aeropress, Gina-Coffee Maker Smart, dan banyak lagi; untuk biji kopi yang diinginkan juga banyak tersedia di pasaran seperti, maka menjadi mungkin menikmati kopi nikmat setiap hari di rumah. Namun tetap saja, menikmati kopi di rumah tidak bisa disamakan dengan menikmati kopi di kedai kopi favorit.

credit: bryankramer.com

RUANG SOSIAL

Menjadi seorang barista ternyata tidak hanya sekadar harus mengetahui cara membuat sajian kopi yang nikmat, tapi juga harus mengerti situasi kedai kopi dan pastinya juga pelanggan. Tentunya kedai kopi yang agak luas dengan pelanggan yang ramai akan berbeda suasananya dengan kedai kopi yang tidak terlalu luas. Beberapa di antara banyak pelanggan yang memiliki perbedaan tujuan untuk kedai kopi, apakah itu hanya untuk minum kopi atau untuk diskusi bisnis bersama rekannya, dan lain halnya. Persamaannya hanya satu, pelanggan akan menikmati tiap aktifitas mereka di kedai kopi dengan sajian kopi yang nikmat, namun sajian kopi yang nikmat ini relatif. Lalu, bagaimana untuk mengetahui sajian nikmat favorit mereka?

Memang benar sajian kopi nikmat merupakan idaman tiap pelanggan yang datang, namun bukan berarti nikmat menurut kita sama artian nikmat menurut pelanggan. Ada baiknya mempertanyakan secara mendetail apa keinginan pelanggan dalam secangkir kopi pesanan mereka. Apakah kopi dengan nikmat yang seimbang, atau kopi dengan asam yang lembut, mungkin saja nikmat kopi dengan aftertaste yang menarik. Menjadi pembaca dan pendengar apa yang menjadi keinginan pelanggan itu lebih baik, daripada memaksakan apa yang kita ketahui kepada mereka. Melihat situasi kedai kopi dan mendengarkan keinginan pelanggan adalah langkah awal untuk pelayanan yang baik kepada pelanggan.

credit: dreamstime.com

KESAN PERTAMA

Mereka; para pelanggan yang datang ke kedai kopi dan memutuskan untuk memesan kopi dimulai dari kesan pertama yang didapat. Kesan pertama ini tercipta dari daya tarik kedai kopi dan juga barista, sebabnya banyak para pemilik kedai sangat hati-hati dalam menentukan dekorasi untuk kedai kopi mereka. Bahkan dalam memilih barista juga penuh pertimbangan, barista seperti apa yang memiliki daya tarik dan dapat menciptakan kesan untuk para pelanggan yang hadir. Menyapa pelanggan dengan tatapan ramah adalah tips sederhana untuk memulainya, dengan ini kesan ramah barista dan pelanggan tercipta.

Bahkan untuk kedai kopi lokal dengan ruang yang tak terlalu luas, walaupun ada pramusaji namun jika urusan kopi, beberapa barista memilih mengantarnya secara langsung bila antrian sajian tidak terlalu banyak. Ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan kesan, khususnya untuk pelanggan baru. Secangkir kopi yang dibawa oleh barista ke meja pelanggan akan berbeda kesannya dibandingkan secangkir kopi yang dibawa oleh pramusaji.

credit: merchantmaverick.com

TENTANG PESANAN

Beberapa barista lupa, bahwa sebagian di antara pelanggan yang datang ke kedai kopi umumnya untuk melarikan diri dari aktifitas, akan menjadi aneh jika barista membuka obrolan dengan menanyakan kabar pada pelanggannya sebelum menerima pesanan. Walaupun itu pelanggan yang sudah lama, ada baiknya menghindari pertanyaan-pertanyaan pribadi, sebab ada tipe pelanggan yang akan menjadi tertutup jika belum meminum secangkir kopi. Lebih baik berusaha menciptakan kesan ramah dengan menyambut kedatangan atau langsung menanyakan pesanan.

credit: timeout.com

GAYA SEDUHAN

Siapa yang mengira pelanggan yang datang ke kedai kopi seperti mendapatkan oase ketika melihat alat-alat kopi yang fancy, bahkan seperti hiburan tersendiri ketika melihat mesin espresso gahar. Inilah mengapa gaya seduh barista seakan menjadi daftar menu yang harus disajikan kepada pelanggan. Mereka; pelanggan akan sangat senang melihat sajian kopi pesanannya dibuat begitu sungguh-sungguh. Jangan heran jika pelanggan melihat proses seduhan, bagi mereka melihat barista menyajikan kopi untuknya, adalah bentuk kebahagiaan.

credit: travelandleisure.com

SAJIAN CEPAT

Banyak pelanggan yang mengambil penting tentang sajian yang cepat, menurutnya sajian yang cepat adalah sajian yang diciptakan penuh sungguh-sungguh dan tak ada keraguan selama prosesnya. Sudahlah pasti, sajian cepat sangat disenangi pelanggan, namun untuk menciptakan sajian kopi yang cepat terkadang sangat sulit sebab mungkin banyak faktor yang mempengaruhi selama prosesnya. Untuk meminimalisir faktor yang mempengaruhi selama proses sajian, ada baiknya mempersiapkan kebutuhan sajian sebelum mulai menyeduh, dan tidak perlu letaknya terlalu menjauh, seperti coffee beans dan grinder, atau alat kopi lainnya. Cobalah untuk menciptakan ruang kerja pada meja bar yang dapat mengurangi waktu penyeduhan agar sajian segera siap untuk disajikan pada pelanggan.

src: fivesenses.com.au img: stocksy.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.