APA YANG KAMU BUTUHKAN UNTUK MENJADI SEORANG BARISTA?

Tentunya banyak sekali tips untuk menjadi barista dari dasar yang sudah pernah diulas pada banyak kesempatan, dan dibahas pada obrolan-obrolan peneman ngopi sesama penikmat kopi. Apa sebenarnya yang dibutuhkan untuk menjadi seorang barista, apakah mengerti tentang seluk-beluk kopi dan dapat menyajikan kopi untuk diri sendiri sudah layak disebut seorang barista, mungkin saja.

DAN pada akhirnya, hal yang paling membingungkan adalah bagaimana cara agar menjadi seorang barista atau setidaknya disebut sebagai barista. Apakah melayani hasrat ngopi pelanggan di kedai kopi sudah bisa disebut sebagai seorang barista, atau seorang barista adalah orang yang pernah memenangkan kejuaraan-kejuaran barista. Hal inilah yang masih mengganggu di benak saya, jika syarat menjadi seorang barista adalah mampu menyajikan secangkir kopi nikmat, maka semua orang bisa saja mampu menyeduh kopi yang nikmat menurutnya, hanya saja tidak semua yang memiliki passion menjadi seorang barista.

BARISTA SEBUAH PASSION ATAU PEKERJAAN?
Tidak sedikit seorang barista yang mengawali karirnya di dunia kopi karena ketidak-sengajaan, karena secara kebetulan bekerja di sebuah kedai kopi. Dan tanpa sadar mempelajari banyak hal tentang dunia kopi dan mulai tertarik untuk mendedikasikan diri untuk industri kopi sebagai barista. Hal ini sedikit cerita awal mula seseorang menjadi barista dari sudut pandang yang berbeda. Ada juga yang ingin menjadi seorang barista melalui jalan yang lebih khusus lagi dengan mengikuti kelas-kelas barista. Semua punya cara tersendiri dan cerita masing-masing tentang awal mula mereka mendedikasikan diri menjadi seorang barista. Sebab untuk menjadi seorang barista tidak hanya soal ilmu tentang dunia kopi, melainkan juga butuh kesungguhan hati untuk mendedikasikan diri menyajikan secangkir kopi nikmat setiap harinya.

credit: bettrbarista.com

KELAS BARISTA ATAU BARISTA MAGANG
Masa awal perkembangan industri kopi dunia belum terlalu mengenal istilah barista profesional, walaupun banyak kedai kopi hampir di negara maju waktu itu, tetap saja istilah barista profesional belum menghiasi dunia perkopian. Dan sekarang ini, barista profesional adalah profesi yang sangat populer, dan tidak mudah untuk meraih gelar barista profesional. Tentunya, untuk menempuh jalan meraihnya, bukan hanya sekadar menjadi seorang barista magang saja, namun juga harus mengikuti kelas-kelas barista yang mengulas secara detail berkaitan dengan kopi. Bukan hanya soal seduhan, tapi hubungan sebab akibat yang mempengaruhi karakter rasa juga menjadi bahasan serius dalam kelas-kelas barista. Maka, tidak sebentar untuk seseorang menjadi seorang barista profesional butuh banyak pencapaian kompetisi barista dan juga sertifikasi.

PERLUKAH SERTIFIKASI BARISTA?
Program sertifikasi profesi barista sangatlah banyak, dari mulai lembaga resmi atau lembaga yang dinaungi oleh pemerintah suatu negara. Kemudian muncul, apakah memulai karir sebagai seorang barista harus mengikuti kelas terlebih dahulu dan mendapatkan sertifikasi, atau mulailah dengan bekerja di suatu kedai kopi untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu. Seorang barista berpengalaman sekalipun jika sudah mulai serius mendedikasikan diri untuk berkarir sebagai barista profesional butuh pengakuan atau pembuktian agar disebut layak, nah salah satunya dengan mengikuti program sertifikasi.

credit: australiancoffeeacademy.com.au

BARISTA TAK HANYA SOAL SEDUH KOPI
Sebagai barista sudah lumrah dapat menyeduh kopi dengan nikmat, lalu apa yang membedakan barista satu dengan barista yang lainnya. Barista tidak hanya perihal seduh kopi, sebab barista juga merangkap menjadi penyambung kata para petani kopi. Sangat aneh jika barista tidak mengetahui kopi apa yang mereka seduh atau bagaimana proses dan dari mana asal kopi yang mereka seduh. Sebabnya, menjadi barista juga harus mengetahui banyak hal tentang kopi. Dan sudah pasti harus menjaga sikap dan komunikasi dengan para pelanggan yang pada mereka kopi akan disajikan.

Untuk membuat kopi nikmat mungkin semua orang bisa, tapi yang benar-benar mengerti tentang kopi dan selera rasa kopi bisa dibilang jarang. Menjadi barista juga butuh intuisi yang berlandaskan teori bukan hanya sekadar praktik. Bagaimana hubungan kopi dan susu, atau bagaimana kadar air yang sesuai, dan banyak lagi. Menjadi barista harus memperhatikan tiap detail sajian kopi, memiliki keahlian yang mumpuni tentang kopi, dan juga memiliki passion terhadap kopi.

src: thekitchn.com img: macleans.ca

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.