APA YANG (SEBENARNYA) DILAKUKAN PEMBELI BIJI KOPI?

Di industri kopi, profesi tak hanya berkutat seputar barista, pebisnis, roaster dan pencicip kopi saja. Ada profesi bernama pembeli biji hijau atau dikenal dengan green bean buyer yang juga memiliki peran penting di dunia kopi.

Mungkin orang awam berpikir bahwa green been buyer bertugas hanya membeli kopi lalu menjualnya kepada khalayak yang membutuhkan kopi. Sayangnya, tugas si pembeli biji kopi hijau ini tak sesederhana yang ada di kepala kita. Mereka yang berprofesi sebagai pembeli biji kopi hijau ini memang bertugas membeli biji kopi hijau. Tapi sebelum mereka memutuskan untuk membeli biji kopi hijau tersebut, ada proses panjang yang harus dilalui oleh seorang green bean buyer.

shutterstock_38609656

Sebagai pembeli biji kopi hijau, mereka harus benar-benar menjelajah dan berburu biji-biji kopi berkualitas ke berbagai daerah. Beruntung jika para pembeli biji kopi ini telah memiliki langganan petani yang menjadi destinasi langganan tempat mereka memborong biji-bijinya. Tapi meskipun telah memiliki petani yang tetap, biasanya para green bean buyer tetap harus mengeksplorasi dan menemukan aneka biji single origin yang berada di seluruh pelosok negeri atau bahkan ke seluruh penjuru dunia.

Para green bean buyer biasanya diutus oleh perusahaan kopi tempat mereka bekerja atau memang pebisnis biji kopi yang melakukan perdagangan ekspor-impor. Tak jarang mereka datang dari negeri yang jauh untuk menemukan biji-biji terbaik yang kelak akan dijual di company tempat mereka bernaung. Untuk memutuskan membeli biji hijau sendiri mereka harus memiliki keahlian khusus. Dalam profesi ini membeli tak sesederhana memilih, menawar lalu membayar.

Green buyer harus memiliki sertifikat Q-Grader karena mereka bertugas mencicipi kualitas kopi yang akan mereka beli. Mereka juga harus paham benar bagaimana industri kopi bekerja karena mereka berada di rantai industri kopi itu sendiri. Pembeli biji kopi ini juga bertugas mengelola pasokan kopi, menjaga kualitas kopi, mengatur pembiayaan dan anggaran, persedian dan hal-hal lain yang menyangkut kemitraan di bisnis kopi.

Bagian terbaik dari menjadi pembeli biji kopi adalah mereka banyak melakukan perjalanan bahkan ke daerah-daerah yang tak popular. Mereka juga bertemu banyak orang dan bisa mendalami budaya yang beragam dari daerah tempat biji-biji kopi tumbuh. Karena daerah tempat kopi berada tak melulu mudah dijangkau, maka para green buyer tak jarang mengalami “petualangan” seru di perjalanan. Tapi yang terpenting menjadi pembeli biji kopi berarti memegang peranan memutuskan biji mana yang kelak berakhir pada cangkir para penikmatnya.

 

Nah, sudah tahu kan apa yang sebenarnya dilakukan para pembeli biji kopi hijau? Ada yang berminat mendalami profesi ini?

 

 

 

Disunting dari thekitchn.com

cari-kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

5 Comments
    1. Kami tidak ada penjelasan detail tentang bagaimana menempuhnya. Tapi setahu kami jika ingin menjadi green bean buyer biasanya berangkat dari mereka menjadi barista, lalu q-grader, lalu setelah pengetahuan tentang kopinya matang mereka lalu bekerja di perusahaan kopi (atau bekerja di perusahaan sendiri) dan ditugaskan mencari biji-biji berkualitas. Terima kasih. 🙂

  1. apakah saya bisa membantu mbak soalny didaerah saya sebagian besar petani kopi ad pin atau nomer tlvon yang bisa dihubungi …sapa tau bisa jadi bekerja sama dengan lingkungan saya ini mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published.