APA YANG TERJADI JIKA PECANDU KOPI TIDAK NGOPI SEHARIAN?

Bagi beberapa orang kopi adalah minuman. Bagi pecandu kopi, kopi adalah ‘belahan jiwa’ yang rasanya mustahil jika hidup tanpanya meski hanya sehari.

OLEH karena itu, saya melakukan riset (sangat) kecil-kecilan dengan mewawancarai 20 teman yang juga merupakan pecandu kopi kelas berat. 20 teman saya ini mengaku sehari paling sedikit mengonsumsi 3 cangkir perhari dalam jumlah yang beragam. Rentang usia mereka dari 23 – 45 tahun dan memiliki profesi yang berbeda-beda. Kepada 20 pecandu kopi yang saya kenal ini saya bertanya satu pertanyaan “pernah nggak sehari hidup tanpa kopi? dan “apa yang terjadi dengan kamu jika seharian tidak ngopi?”. Dari dua pertanyaan ini terangkumlah empat jawaban yang meluncur dari masing-masing mereka. Jawabannya hampir sama meski mereka berbeda dan tak saling mengenal satu dengan lainnya. Mau tahu apa saja yang terjadi dengan pecandu kopi jika tidak ngopi seharian? Simak jawabannya berikut ini.

Credit : newsthump.com
Credit : newsthump.com

Tidak Fokus

Kehilangan daya fokus dan turunnya daya konsentrasi adalah salah satu efek terbesar yang ternyata terjadi pada pecandu kopi jika mereka tidak ngopi seharian. Para pecandu kopi ini mengatakan kafein banyak membantu dia mengerjakan sesuatu hal dengan lebih cepat karena tingkat konsentrasi meningkat. Tanpa kopi susah untuk mengumpulkan daya fokus terhadap sesuatu hal yang sedang dikerjakan. Jadi mengerjakan sesuatu akan menjadi lama karena seharian tidak ‘kena’ kopi.

Credit : huffingtonpost.com
Credit : huffingtonpost.com

Lemas

Meski tidak ada hubungannya lemas dengan ngopi, tapi itulah jawabannya terbanyak saya dapatkan dari 20 pecandu kopi ini. Mereka merasa lemas dan kehilangan gairah seharian. “Seperti ada sesuatu yang hilang. Seperti kehilangan sesuatu yang besar tapi tak tahu apa,” kata seorang pecandu kopi yang juga barista ini. Mungkin karena kafein memberi energi dan memompa tenaga makanya saat tidak minum kopi mereka merasa lemas yang tak biasa.

Credit : firstforwomen.com
Credit : firstforwomen.com

Mengantuk

Kalau efek mengantuk pasti sudah tidak diragukan lagi ya. Kopi dipercaya banyak orang mampu mengusir rasa kantuk karena kandungan kafein yang memang membuat peminumnya menjadi lebih aktif. Jadi bukan rahasia lagi para pecandu kopi ini akan merasa mengantuk jika seharian tak menyentuh kopi. “Saya pernah tidak ngopi seharian dan yang saya lakuan hanyalah tidur,” kata seorang pecandu kopi yang masih duduk di bangku kuliah. Duh kalau gini bahaya juga ya bisa-bisa malah nggak ngelakuin apa-apa seharian nih. Mending ngopi aja deh.

Credit : readersdigest.com
Credit : readersdigest.com

Gampang Kesal

Cranky. Beberapa pecandu kopi yang saya kenal baik memang mengaku akan mudah kesal jika tidak mengonsumsi kopi. Entah kenapa mungkin karena rasanya tidak lengkap menjalani hari tanpa ritual yang dilakukan setiap hari tanpa jeda. “Jika saya melewatkan afternoon coffee saya, maka jangan harap saya bisa menjalankan sisa hari tanpa rasa kesal yang entah dari mana datangnya,” kata seorang sahabat yang diamini pecandu kopi lain yang saat itu hadir di sebelahnya. Rupanya bukan hanya perempuan PMS yang gampang kesal, hidup tanpa kopi juga bisa bikin kesal ya.

Itulah rangkuman empat hal yang saya kutip dari 20 pecandu kopi di sekitar saya. Kalau kalian ada yang seperti keempat poin ini juga nggak jika seharian nggak ngopi?

Foto utama dari businessinsider.com

single origin ethiopia

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

24 Comments
  1. Sebaliknya bagi saya, rasa kantuk yang luar biasa datang setelah menyeruput secangkir kopi. Karena itu, menikmati secangkir kopi sebelum tidur, tidak masalah dan justru membuat tidur lebih nyenyak. Adakah yang salah pada diri saya?

    1. Tidak ada yg salah mba desi, beberapa teman kami juga seperti itu, kadang ngopi sebelum tidur malah bikin nyenyak. Mungkin ini faktor kebiasaan kali ya. Kalau saya pribadi kl ngopi biasanya lebih semangat dan ga ngantuk.

      Banyak ahli diet memang menganjurkan tidak minum kopi, jus, atau makan 4 jam sebelum tidur. Artinya semua makanan atau minuman yg dicerna tidak dianjurkan dikonsumsi sebelum tidur untuk mengistirahatkan organ pencernaan saat tidur.

      1. pengalaman saya…jika saya meminum kopi Manual Brew atau tubruk tanpa gula itu efeknya sama seperti yg mbak Desi rasakan. akan mengantuk dan tidur lebih nyenyak. akan tetapi lain hal jika saya meminum kopi plus gula atau kopi dengan creamer seperti cappucino, coffee latte dsb.. itu justru membuat saya terjaga. hasil obrolan dengan beberapa teman, jika meminum kopi Manual Brew ataupun tubruk akan menimbullan efek balancing dan relaxing. berbeda dengan meminum kopi dg gula ataupun kopi dg creamer yang justru memperoleh energi dari gula itu sendiri. apakah ada pendapat lain? terimaksih

    2. Saya juga mengalami hal yang sama dengan mbak Desi. Setiap minum kopi justru rasa kantuk timbul. Jadi nya ketika orang lain minum kopi saat ingin fokus bekerja, saya malah hanya minum kopi waktu santai di rumah.

    3. mirip seperti saya, malah mengantuk setelah minum kopi, tapi kalau saya tidak segera tidur dalam kurun waktu 2-3 jam, yang terjadi adalah “insomnia”

  2. Kalo minuman basis espresso+susu, biasanya emang bikin tenaga nambah. tapi kalo misalnya manual brew saya lebih cepat tidur dan bikin kepala adem. Iya bener sih. Gak ngopi sehari galau banget.

  3. Baru nemu situs ini ,bagus artikelnya. saya ngopi sejak usia 15an ,cuma ngopi paing 1 gelas sehari, baru 15 tahuanan ini sehari 3 cangkir pake gula ,sedang sejak 2 tahun terakhir ngopi ga pake gula alias kopi pahit ,awalnya sih agak kurang suka tp setelah seteguk dua teguk rasa kopi tanpa gula ,mulai enak ,akhirnya sampe sekarang kopi pahit ,kata orang sih kalo mau ngerasin rasa kopi aslinya ,minum kopi tanpa gula apalagi ditambah krim, itu baru minum kopi ,real coffee ,lebih nikmat. Saya kalo malam walau sdh minum kopi pahit ,tetep ngantuk ,apalagi sambil nunggu live bola di tv. Ok deh mbak , Tq.

  4. saya yang terakhir itu kesal dan lemas ….. ternyata saya sudah kecanduan. sering merasa kesal karena tidak punya coffee time yang nggak bisa ditahan. solusinya buat saya ristreto dan suasana hati pasti akan membaik

  5. hhmmm ternyata saya sudah kecanduan yah, dari semuanya itu mungkin masalah ngantuk tidak, mau ngopi berapapun juga ngantuk mah ngantuk aja buat saya hahaha…malah kopi bisa jadi obat pusing bagi saya, tapi apa kata istri saya “Pusing tuh minum obat, bukan ngopi” tapi itu kenyataannya setelah ngopi pusing hilang. Kopi bubuk asli dengan sedikit gula pastinya.

  6. yang ngalami efek terlambat minum kopi ternyata rame juga ya 😀 , efek yang saya alami tidak minum kopi 1 x 24 jam membuat kepala jadi berdenyut sakit… , yang saya lakukan jika mengalami seperti ini , mengambil bubuk kopi murni 1sdm dan lansung saya hisap ( tanpa air dan gula ) ,untuk saya cara ini dapat mengurangi sakit kepala dengan cepat akibat terlambat ngopi

  7. kalau saya, minum kopi apapun seperti single origin atau blend, atau yg di campur fresh milk seperti coffeelatte, dsb, tetap membuat ngantuk, walaupun sudah minum sampai 10 gelas. tetapi kalau tidak minum 1 gelas pun dalam sehari, rasanya badan lemas. bagi pecandu kopi yg lainnya, kalau mau minum kopi 3 gelas lebih, sebaiknya sebelum minum kopi alangkah lebih baik makan terlebih dahulu agar asam lambung tidak meningkat secara drastis. dan banyaklah minum air putih, karena kopi itu membuat dehidrasi juga. termakasih sudah berbagi ilmu tentang kopi

  8. Saya pecandu BLACK COFFEE sudah hampir 14th sampai sekarang. Sehari saya bisa 5-6 Cups “BC” atau saya pecinta Double Espresso. Jika sehari nga ketemu BC/Espresso maka saya akan terasa LEMAS dan Hilang gairah kerja di depan komputer. Bagaikan pingin tidur terus. Jam 8, 10, 11, 1, 2, 3 …. routine jam minumnya hehehehehe

  9. Saya terbiasa minum kopi tubruk 2x sehari ( pagi dan siang)
    kalau lagi sibuk dan terlupa untuk minum kopi ya ngak ada efek apa-apa, tapi begitu teringat belum minum kopi baru rasa galau untuk mencari kopi muali mengganggu.. Hahaha..

  10. Kalo sy sih terbiasa minum kopi tanpa gula.. kopi yg sy suka kopi lampung.. terasa seperti kopi yg d sangrai agak gosong agak pahit tp nikmat.. sy gk pake gula.. karna mungkin hidup sy sdh terasa manis..🤭🤭🤭

  11. Yang saya rasain seharian kalau gak ngopi sih pasti pusing kepala, kalau udah nyeruput dikit baru hilang tuh pusing.
    ada yg kayak saya gak sih disini?

  12. 2 cangkir kopi dalam sehari , dan kalo tidak minum kopi terutama pagi,kepala saya terasa berat dan pusing,apa itu juga saya termasuk pecandu kopi,ada kah tips supaya saya bisa mengurangi ketergantungan saya minum kopi??

  13. Kalo saya tidak minum kopi seharian , kepala rasanya pusing dibelakang kepala namun setelah minum kopi terutama espresso. maka gak lama berselang sekitar 15-30 menit pusing kepala langsung hilang dan yang utama dengan minum kopi terasa lebih bersemangat untuk beraktifitas

Leave a Reply

Your email address will not be published.