APAKAH AMAN MENGONSUMSI BIJI KOPI BEGITU SAJA?

Seiring kemunculan biji kopi yang dibalur cokelat, maka rentetan pertanyaan pun masuk ke redaksi kami, salah satunya “apakah aman mengonsumsi biji kopi begitu saja?”.

SAYA sendiri beberapa kali memang mengonsumsi biji kopi yang sudah disangrai begitu saja karena memang suka dengan rasanya. Dan juga pernah mencoba biji kopi yang dibalur cokelat yang sekarang sedang hits-hits-nya. Berdasarkan itu, pertanyaan perihal apakah aman mengonsumsi kopi tanpa diminum masuk ke saya beberapa kali. Artikel ini menjawab rasa penasaran para pembaca.

Jika kamu gemar memakan biji kopi begitu saja ataupun yang dibalur cokelat, kamu tidak perlu khawatir dengan efeknya karena sebenarnya tidak berbahaya. Namun, tetap harus ‘mendengar’ diri sendiri sesaat kamu mengonsumsi biji kopi tersebut. Menurut penelitian pada 2010 lalu yang dilakukan oleh Veronika Somoza, Ph.D dari Universitas Wina dan Thomas Hofmann, Ph.D dari Universitas Teknik di Munich Jerman, biji kopi pascasangrai mengandung beberapa zat aktif yang bisa meningkatkan asam lambung. Kandungannya lebih besar dari kopi yang sudah diseduh.

Peningkatan produksi asam ini menyebabkan mulas karena asam mendorong melalui sfingter esofagus bagian bawah dan masuk ke kerongkongan (disunting dari livestronger.com). Itu kenapa mungkin kamu akan berpotensi merasa mulas saat makan biji kopi. Tapi lagi-lagi efeknya berbeda-beda sesuai dengan daya tubuh setiap orang.

Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan Victor Maridakis dan rekan-rekannya dari Universitas Georgia menemukan bahwa mengonsumsi kopi berkafein sebelum berolahraga mengurangi nyeri otot hingga 26 hingga 48 persen. Jadi jika kamu mengonsumsi biji kopi sebelum berolah raga efeknay jauh lebih besar ketimbang mengonsumsi kopi yang sudah diseduh. Itu karena kafein ampuh memblokir adenosin yang juga bertanggung jawab atas persepsi nyeri radang otot.

Tak hanya itu ternyata biji kopi memiliki enzim yang mampu merangsang kontraksi usus. Sama seperti kopi yang diminum, namun efeknya akan lebih besar. Jadi tak heran jika kamu mungkin merasakan ‘dorongan’ ke kamar kecil saat memakan biji kopi ini. Tapi itu adalah hal yang wajar saja. Jadi kembali ke pertanyaan awal “apakah aman mengonsumsi biji kopi?” jawabannya “aman”. Namun tetap harus mengenali reaksinya terhadap diri sendiri karena tiap orang berbeda-beda efeknya terhadap kopi.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.