APAKAH AMAN MINUM KOPI SAAT PERUT KOSONG?

Beberapa orang lebih mementingkan ritual ngopi ketimbang sarapan. Namun apakah benar ngopi sebelum sarapan bisa memengaruhi kesehatan tubuh?

PERTANYAAN yang kerap datang pada saya adalah “ngopi tapi nggak sarapan apa nggak bikin perut sakit?”. Jujur saya memang bukan orang yang memiliki kebiasaan melakukan sarapan setiap pagi. Alih-alih sarapan, saya justru memilih minum kopi saat perut masih belum terisi apa-apa. Bertahun-tahun ritual ini terus terjadi dan untuk saya tidak terjadi apa-apa meski mungkin di masa depan ada efeknya.

Sedangkan untuk beberapa orang, minum kopi dilakukan sesaat setelah sarapan atau paling tidak saat sedang sarapan. Hal ini disinyalir agar perut ‘dilapisi’ terlebih dahulu oleh zat lain sebelum kopi dan kafein yang ada di dalamnya ‘menyerang’ perut. Karena menurut Dr. Adam Simon seorang kepala medis di PushDoctor.co.uk yang kami sunting dari Express, minum kopi saat perut masih kosong dapat memberi perasaan gelisah, tremor dan meningkatkan gejala kecemasan. Selain itu detak jantung juga akan lebih cepat dan susah fokus. Meski hal ini tidak pernah terjadi pada saya, tapi beberapa orang menurut riset memang mengalami hal-hal tadi jika mengonsumsi kopi saat perutnya masih kosong.

credit: lifestylecoop.com

Selain efek tersebut, mereka yang memiliki kondisi tubuh tertentu akan mengalami rasa nyeri pada perut karena kafein memberikan asam yang merusak lapisan pada lambung. Akibatnya akan perut akan terasa mulas dan nyeri karena asam lambung yang meningkat. Padahal mengonsumsi kopi di pagi hari dalam kadar dan cara yang benar mampu melepaskan hormon kortisol yang membantu peminumnya “bangkit” dan lebih bersemangat dalam memulai hari.

Jadi apakah benar minum kopi saat perut kosong itu berbahaya? Berbahaya untuk beberapa orang yang tubuhnya rentan atau memiliki masalah pencernaan tertentu. Tubuh kita adalah laboratorium yang bereaksi terhadap segala hal yang masuk ke dalamnya. Jadi saat minum kopi dan kamu merasakan reaksi tertentu sebaiknya dihindari saja. Ya, meski saya sendiri  baik-baik saja ngopi tanpa sarapan tapi saya sarankan sarapanlah dulu sebelum ngopi. Biar ngopinya aman sampai entah sampai nanti!

Disunting dari theinsider.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Teman saya hampir tidak makan dalam hidupnya, dia hanya mengkonsumsi kopi saja. Seumur hidupnya tidak pernah sakit walau flu sekalipun. Ajaib tapi itu fakta dan sampai sekarang masih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.