APAKAH BERBAHAYA MENGONSUMSI KOPI DAN SODA?

Banyak yang meragukan apakah benar kopi dan soda yang dicampur di dalam satu minuman bisa berbahaya bagi kesehatan? 

SAAT resep kopi yang kami rilis beberapa bulan lalu menggunakan bahan Coca Cola dan kopi yang dicampur menjadi minuman dingin, banyak pertanyaan berdatangan “apakah benar kopi dan soda aman dikonsumsi secara bersamaan?”

Saya sendiri kerap menemukan signature drinks di beberapa kedai kopi yang menggunakan campuran kopi dan soda dalam satu cangkir. Tak hanya kopi dan soda, malah dicampur hal-hal lain seperti sirup, es krim dan aneka bahan lainnya. Setelah membaca beberapa riset ternyata campuran kopi dan soda dari studi di Amerika Serikat mengatakan bahwa campuran kopi dan soda tidak berbahaya. Alias aman dikonsumsi manusia asal dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Seperti diketahui tak hanya kopi yang memiliki, soda pun juga ada kandungan kafeinnya. Maka efek kafein yang double ini tentu berbeda-beda terhadap setiap manusia. Ada yang tubuhnya baik-baik saja dengan kafein, ada juga yang tidak bisa menerima efek kafein dengan baik. Akibatnya ada yang tremor, cemas, jantung berdebar cepat dan tak bisa tidur.

Oleh sebab itu, sebelum mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan kopi sebaiknya kenali dulu tubuhmu baik-baik. Jika memang rentan terhadap kafein sebaiknya jangan. Tidak mau ‘kan gara-gara minuman segar kamu jadinya malah tidak sehat?

Mengenai soda, untuk beberapa orang menyebabkan kembung pun kopi mampu menaikkan asam pada lambung yang memang tak sehat atau dalam keadaan kosong. Jadi benar harus diperhatikan kondisi tubuh sebelum mengonsumsi ini. Oh iya, boleh juga bertanya pada barista apakah minuman soda dicampur kopi yang mereka sajikan menggunakan soda yang tak manis. Mana tahu ada dari kamu memiliki penyakit diabetes yang tak boleh sembarangan meminum minuman manis.

Tapi jika tak ada pantangan seperti yang sudah dipaparkan di atas mengonsumsi minuman kopi dan soda dalam satu menu tidaklah berbahaya. Tapi seperti layaknya minuman lain segalanya tak boleh berlebihan. Jadi siapa yang sudah pernah menikmati kopi dingin dicampur soda? Bagi sini resepnya!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.