APAKAH BOLEH MENGONSUMSI KOPI SAAT FLU?

Terjadi pro dan kontra perihal mengonsumsi kopi saat flu. Sebelum kalut dalam keragu-raguan, mari simak penjelasan pada artikel ini.

APA yang terjadi jika kamu mengonsumsi kopi di saat flu datang menyerang? Beberapa orang mengatakan bahwa kopi memperlambat proses kesembuhan. Di sisi lain berpendapat bahwa kopi justru membantu memerangi flu yang sedang menjangkit tubuh. Lalu yang manakah yang benar?

Disunting dari situs theraflu.com ternyata kopi memang boleh diminum saat flu. Bahkan menurut seorang ahli diet Ashley Reaver ternama, kopi baik diminum di saat flu karena mengandung banyak sekali manfaat yang dibawa oleh zat kafein di dalamnya. Namun memang terdapat pro dan kontra yang harus diketahui banyak orang tentang mengonsumsi kopi di saat flu sedang menyerang.

Ashley Reaver menambahkan lagi bahwa kopi memiliki antioksidan yang sangat tinggi dan ini sangat baik untuk memerangi peradangan. Tak hanya itu saja, kopi juga terbukti ampuh memerangi peradangan dan secara sistematis mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Flu membuat sistem kekebalan terganggu, namun kopi membantunya kembali meningkat. “Secangkir kopi atau lebih membantu sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan penyakit,” kata Ashley Reaver. Tak hanya itu saja, para psikolog di Universitas Bristol juga mengatakan bahwa kopi mampu meningkatkan mood menjadi lebih baik. Juga membuat mereka yang terserang flu menjadi lebih aware dan waspada.

Meski banyak manfaatnya, kopi ternyata memiliki sisi kurang baik jika diminum di saat flu. Salah satunya adalah membuat penderita flu susah tidur dan beristirahat karena kafein membuat peminumnya lebih aktif. Sedangkan pada saat flu kita membutuhkan waktu istirahat yang panjang dan lama. Pun kopi bisa membuat penderita flu dehidrasi jika tidak diseimbangkan dengan mengonsumsi air putih yang banyak.

Dengan kata lain, kamu boleh mengonsumsi kopi saat flu namun hanya dibatasi satu hingga dua cangkir sehari. Juga seimbangkan dengan mengonsumsi vitamin c dan air putih yang banyak agar tidak dehidrasi. Tidak disarankan minum kopi di atas jam 5 sore saat flu agar bisa istirahat lebih panjang dan lama durasinya.

Artikel disunting dari theraflu.com

Foto utama dari theodysseyonline.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.