APAKAH KAFEIN KOPI MENGGANGGU MANFAAT PUASA

Untuk mereka yang tiap harinya tidak luput dengan secangkir kopi harian, mungkin puasa bisa menjadi tantangan pribadi.

PUASA sepertinya bukan hal baru lagi sekarang ini, dan selain alasan keagamaan banyak juga orang melakukan puasa dengan motivasi lain, baik itu program diet atau pun alasan kesehatan. Memang benar adanya, bahwa puasa memiliki pengaruh terhadap biologis tubuh seseorang, sehingga harus memahami dengan benar kondisi tubuh diri sendiri. Dan pada kadar tertentu secangkir kopi bisa menjadi stimulus yang baik bagi tubuh seseorang yang menjalankan puasa.

credit: travelandleisure.com

Gula Darah Berkurang
Saat berpuasa gula darah seseorang akan menurun dan cenderung cadangan gula darah tubuh juga akan berkurang, dan selanjutnya proses ketosis dimulai ketika glukosa dimetabolisme, karena gula darah yang berkurang memicu penguraian glukosa tubuh. Secara sederhana proses ketosis adalah kondisi tubuh membakar cadangan lemak sebagai energi ketika tidak memiliki persediaan karbohidrat yang cukup.

Mengistirahatkan Sistem Pencernaan
Selama seseorang berpuasa tanpa sadar kita memberikan istirahat pada sistem pencernaan kita yang tiap harinya selalu bekerja. Bahkan beberapa orang ada yang memaksa pencernaan mereka bekerja ketika tidur, padahal tidur adalah waktu yang tepat untuk tubuh melakukan detoksifikasi. Hanya saja saat pencernaan masih bekerja, detoksifikasi tubuh tidak bisa berjalan normal. Dan saat puasa, sistem pencernaan tubuh diberikan waktu untuk istirahat.

Detoksifikasi
Tidak makan untuk sementara waktu memungkinkan tubuh kita untuk melakukan pembersihan di sistem pencernaan secara alami. Beberapa racun yang tersimpan di dalam lemak tubuh ikut terdetoksifikasi karena saat berpuasa tubuh kita akan membakar lemak ini untuk dijadikan energi.

Maka berpuasa semacam menyeimbangkan tubuh kita, memberikan waktu istirahat pencernaan untuk melakukan detoksifikasi. Jadi apa pun yang dikonsumsi oleh tubuh kita, sangat mempengaruhi aktifitas ketika berpuasa, lalu bagaimana jika seseorang mengkonsumsi kopi.

credit: pixabay

Kafein Kopi dan Aktifitas Puasa
Banyak artikel yang membahas tentang puasa dikaitkan dengan program diet atau pun program bodybuilding, dari mulai saran konsumsi makanan ketika puasa hingga macam-macam puasa yang seusai untuk kondisi tubuh seseorang. Dan yang paling menarik, tentang kafein kopi dan aktifitas puasa untuk program diet sehat seseorang. Beberapa ahli tentang program diet sehat dengan puasa, mengatakan kafein kopi akan mengganggu aktifitas puasa dan selebihnya setuju pada kadar yang cukup tidak mengganggu puasa.

Tentunya kondisi tubuh tiap orang berbeda, di hari biasa ada yang mengkonsumsi 2 cangkir sehari bahkan ada yang lebih. Mungkin dari sini, tubuh sudah mentolerir kafein kopi yang masuk. Tapi ketika puasa, ada baiknya diimbangi dengan makanan berat terlebih dahulu sebelum konsumsi kopi, dan air mineral yang cukup. Karena pasalnya, tubuh butuh banyak cairan tubuh ketika aktifitas puasa, dan air mineral yang cukup membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Untuk memutuskan mengkonsumsi kopi atau tidak selama berpuasa, coba kenali kondisi tubuh terlebih dahulu. Saya pribadi, konsumsi secangkir kopi setelah makan berat di malam hari agar terjaga melakukan ibadah tarawih. Apakah kamu ada pengalaman konsumsi kopi ketika berpuasa?

src: goviter.com img: pexels.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.