APAKAH KOPI AMAN DIKONSUMSI ANJING DAN KUCING?

Kopi memang baik untuk manusia. Namun apakah kopi sama baik efeknya jika dikonsumsi oleh peliharan kita seperti anjing dan kucing?

ARTIKEL ini saya tulis dikarenakan seorang teman yang dengan panik menghubungi saya pada suatu siang. Dia secara tidak sengaja menumpahkan secangkir kopi hitam di dapur dan seketika menemukan anjingnya menjilat tumpahan kopi itu di lantai. Well, dia tidak bermaksud membiarkan tumpahan itu, dia hanya pergi mengambil sesuatu untuk membersihkan dan setelahnya menemukan anjingnya menikmati kopi di lantai.

Setelah kejadian itu, beberapa jam kemudian anjingnya bertingkah aneh. Lebih diam dari biasa. Dan tentu dia berpikir mungkin ini ada hubungannya dengan kopi tadi. Setelah menelepon saya, saya tentu menghubungi teman yang dokter hewan. Jawabannya cukup mengejutkan karena kopi dengan kandungan kafein di dalamnya memang bisa mengganggu kesehatan anjing dan kucing. Kopi, minuman berenergi, soda, cokelat dan lain-lain yang mengandung kafein tidak boleh dikonsumsi anjing dan kucing.

Jika anjing dan kucingmu terlanjur mengonsumsi sedikit kopi, jangan panik, mungkin efeknya tidak akan buruk. Kamu bisa langsung memaksa mereka untuk minum air minerak yang banyak agar kafein larut segera. Namun, jika anjing dan kucingmu terlanjur meminum kopi dalam jumlah besar, segeralah ke dokter hewan karena akan memberikan efek yang buruk bagi mereka.

Adapun efek dari mengonsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya bagi anjing dan kucing adalah bisa menyebabkan hiperaktif, tekanan darah yang mendadak naik, suhu tubuh yang mendadak tinggi, detak jantung mendadak cepat sehingga tidak normal, tremor, muntah-muntah dan yang lebih fatal lagi adalah kematian karena kondisi tubuh tidak bisa menerima zat lain yang bukan diperuntukkan untuk mereka.

Alhasil, anjing teman saya itu tidak mengalami hal buruk seperti yang saya paparkan tadi. Tapi teman saya itu benar-benar mendapatkan pelajaran penting agar tak lagi ceroboh perihal kopi dan minuman lain yang bisa saja merenggut hewan kesayangannya. Dan untuk kalian yang memiliki anjing dan kucing di rumah, jangan biarkan mereka meminum kopimu ya. Karena yang nikmat untuk kita, belum tentu jadi selamat untuk mereka.

Foto utama dari nekozushi.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.