APAKAH KOPI AMAN DIKONSUMSI IBU HAMIL?

Kopi memang baik untuk siapa saja. Tapi apakah kopi aman dikonsumsi para ibu hamil?

SAYA kerap menjumpai para perempuan yang mendadak berhenti minum kopi saat mereka hamil. Beberapa teman yang hamil atau pernah hamil mengatakan bahwa mereka berhenti total mengonsumsi kopi karena takut akan efek kafein yang bisa berpengaruh buruk bagi kesehatan janin. Lalu apakah benar perempuan hamil dilarang minum kopi? Apakah kopi benar-benar setidak aman itu untuk mereka?

Menurut Norwegian Mother and Child Cohort Study yang dikutip dari theguardian.com, ibu hamil memang harus dibatasi mengonsumsi segala sesuatu yang memiliki kandungan kafein di dalamnya. Tak hanya kopi saja, tetapi juga cokelat, minuman bersoda, teh dan apa-apa yang memiliki kafein di dalamnya. Sedangkan pada kopi mungkin kandungan kafeinnya lebih banyak ketimbang makanan dan minuman lain, oleh karena itu konsumsi terhadap minuman ini tidak boleh berlebihan.

Meski begitu, kopi tetap boleh diminum oleh ibu hamil asalkan dosisnya tidak berlebihan. Disarankan perempuan hamil tidak mengonsumsi lebih dari 200 mg kopi perhari. Jika dosisnya di bawah ini itu, maka semuanya akan aman-aman saja. Karena menurut Norwegian Mother and Child Cohort Study, perempuan hamil yang terlalu banyak mengonsumsi kafein pada masa kehamilannya beresiko melahirkan bayi dengan berat badan di bawah normal. Mungkin kira-kira beratnya bisa berkurang sekitar 21 sampai 28 gram. Efek lainnya adalah kelahiran bayi bisa sedikit lebih terlambat jika mengonsumsi kafein terlalu banyak selama masa hamil.

Jadi apakah kopi aman diminum semasa hamil? Jawabannya aman. Dengan mengikuti aturan dan dosis yang sudah disebutkan. Lagian segala yang berlebihan memang tidak baik ‘kan? Tak hanya dalam mengonsumsi kopi selama hamil saja.

Artikel disunting dari theguardian.com

Foto utama dari cdn.skim.gs

1,473 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.