APAKAH KOPI PUNYA EFEK SAMPING?

Rasanya selama ini kita sudah sering mengulik manfaat menikmati kopi. Namun benarkah kopi ternyata memiliki efek samping bagi yang mengonsumsinya?

UNTUK pecandu kopi seperti saya dan pengalaman 5-6 tahun rutin mengonsumsi 1-2 cangkir kopi sehari, kopi sama sekali tidak memiliki efek samping yang berarti. Namun hal ini tentu tidak bisa digeneralisasi kepada semua orang. Mengingat setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda dalam menerima zat yang terkandung di dalam kopi itu sendiri. Pun kondisi kesehatan tertentu juga akan memberikan reaksi berbeda terhadap konsumsi kopi rutin setiap hari.

unsplash.com

Beberapa jurnal, riset, diskusi dan bacaan yang saya baca, hampir semua sepakat bahwa kopi tidak memiliki efek samping yang berarti jika dikonsumsi setiap hari. Tapi harus diingat kadarnya juga harus diperhatikan. Manusia dengan kondisi tubuh normal mampu menerima sekitar 6 cangkir kopi ukuran sedang dalam sehari. Namun biasanya kebanyakan orang tak lebih dari 3 cangkir mengonsumsi kopi perharinya.

Hal lain adalah efek samping kopi bisa terasa saat sistem imun kita menurun. Jadi jika biasanya kamu mampu menikmati kopi 3 cangkir sehari, bisa di saat tubuhmu kurang fit tiba-tiba hanya meminum secangkir kopi pada hari itu, kamu bisa mendadak diare atau gelisah. Kondisi tubuh memengaruhi dan tentu memberi efek samping yang kurang menyenangkan.

credit: tiranaobserver.al

Lalu kapankah efek samping itu muncul? Biasanya pada saat tubuh sedang tidak prima. Bisa juga saat baru memulai program diet. Pola makan dan rutinitas olahraga yang berbeda akan memberikan efek samping saat kamu mengonsumsi kopi. Selain itu, stres juga bisa memberi efek samping. Biasanya yang muncul adalah gelisah, insomnia, cemas, lemas dan lain-lain. Jika kamu stres sebaiknya berjeda dulu dari kopi dan beralihlah sebentar ke teh hijau yang lebih rileks.

Efek samping kopi juga bisa mengganggu ibu hamil dikarenakan ibu hamil tidak bisa mengonsumsi kafein sebanyak orang biasa. Biasanya ibu hamil harus membatasi konsumsi kafein dengan secangkir kecil kopi saja dalam sehari. Jika berlebihan kopi mampu membuat tekanan darah lebih kencang dan memicu kecemasan yang berlebihan.

Foto utama dari freepik

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.