APAKAH KOPI SUSU KEKINIAN BAIK UNTUKMU?

Enak, murah dan bertebaran di mana-mana adalah tiga alasan sedehana kenapa tren kopi susu kekinian belum surut juga riaknya. Namun apakah minuman kopi jenis ini baik untuk kesehatan?

SAYA sendiri adalah penikmat kopi segala menu. Dengan kata lain saya tak menolak jika disuguhkan aneka menu kopi mulai dari yang polos hitam dan pahit hingga manis dengan ragam rasa. Mulai dari panas, hingga yang dingin. Yang saya tak mampu minum cuma yang instan saja. Maaf. 🙁

Sesekali saya juga mau menikmati kopi susu kekinian yang muncul dalam ragam kemasan yang menggoda. Meski sama-sama kopi susu kekinian, rasa dan aroma mereka sungguh beragam. Dan sayangnya tidak semua kopi jenis ini bisa diterima tubuh saya.

Setelah saya diskusikan perihal ini kepada ahlinya, kopi susu kekinian tidak seratus persen baik untuk tubuhmu. Sama seperti memilih kopi arabika dan robusta, memilih kopi susu kekinian juga begitu.

Kopi susu jenis ini menggunakan beragam jenis bahan. Ada yang susu murni, ada yang SKM, pun ada yang kita tidak paham ada apa di dalamnya namun rasanya enak saja. Harus diketahui segala jenis bahan baku yang artifisial tentu tidak baik untuk tubuh. Pun segala bahan yang terlampau manis, juga tak baik bagi pengonsumsinya.

Tingginya konsumsi kopi susu kekinian memengaruhi kesehatan khususnya para milenial. Sama seperti tingginya konsumsi bubble tea yang sedikit banyak mencemaskan, eksistensi kopi susu kekinian juga sama pengaruhnya.

Lalu apakah kita benar-benar harus menjauhi kopi susu kekinian ini? Oh tentu saja tidak. Hanya saja saya menyarankan untuk sedikit lebih peduli dengan apa yang masuk ke tubuhmu. Segala yang enak belum tentu baik, kawan. Dan segala yang terlalu murah harganya harusnya kamu pertanyakan.

credit : nytimes.com

Jika selama ini kamu memesan kopi susu kekinian secara online, mari sesekali mampir ke gerainya. Tanyakan komposisi apa saja yang ada di dalam secangkir kopi ini. Menikmati sesuatu yang kita sendiri tidak tahu apa di dalamnya bukanlah suatu pilihan yang cerdas. Karena kawan, tubuhmu adalah laboratorium tempat segala yang masuk bereaksi dengan ajaib. Syukur jika bereaksi baik, jika buruk? Siapa yang susah?

Sekali lagi mari konsumsi kopi dengan cara yang cerdas. ‘Dengarkan’ reaksi tubuh tentang segala yang kamu minum lalu cari tahu apakah benar yang kamu konsumsi tak berefek buruk untuk jangka panjang?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.