APAKAH PAPER FILTER BISA DIPAKAI LEBIH DARI SEKALI?

Jawabannya bisa. Lalu bagaimana hasilnya? Jawabannya bisa segera kamu temukan di artikel kali ini.

JAUH sebelum saya melakukan eksperimen kecil-kecilan untuk artikel ini, saya sudah pernah menggunakan paper filter bekas dalam keadaan darurat dan mendesak. Pertama, saat saya kehabisan paper filter padahal sangat ingin ngopi. Kedua, pada saat lupa membawa paper filter dan memungut kembali paper filter teman saya. Hasilnya ternyata bisa-bisa saja. Meski ada ‘tapinya’.

Paper filter seperti namanya terbuat dari kertas berserat. Paper filter Hario V60 berbeda tekstur kualitasnya dengan paper filter Chemex, Kalita Wave, Aeropress dan lainnya. Di artikel kali ini yang saya pakai adalah paper filter Hario V60 01 bleached.

Sebelum paper filter bekas seduh saya pakai kembali, sebelumnya saya bersihkan ampas kopi sisa seduh tersebut dengan air mengalir. Lalu mengeringkannya di dalam ruangan. Keesokan paginya saya gunakan kembali untuk menyeduh. Pengalaman menyeduh dengan paper filter bekas ini sama saja seperti paper filter baru. Namun ada beberapa hal yang saya alami:

  • paper filter bekas lebih berkerut. Permukaannya tidak rapi. Sehingga tidak semulus paper filter baru.
  • saat dipakai menyeduh, paper filter bekas tidak ‘duduk’ sempurna pada dripper. Pada saat menyeduh dia kerap ‘tergeser’.
  • karena sudah tipis, maka teksurnya menjadi sangat lembek saat terkena air.
  • proses seduh menjadi sedikit lebih cepat. mungkin karena sudah pernah dipakai sebelumnya.
  • hasil seduhan hampir sama sekali tidak ada perbedaan. Hanya saja kertas yang bergeser membuat saya tidak nyaman menyeduhnya.
  • aroma sisa kopi dari penyeduhan sebelumnya tidak ada sama sekali meskipun pada paper filter itu ada bekas noda kopi.

Kesimpulannya adalah paper filter bekas bisa dipakai lebih dari sekali. Tapi saya sarankan hanya dua kali saja karena kualitasnya sudah berubah. Pun lakukanlah jika keadaan benar-benar mendesak ATAU kamu memang ingin berhemat dan sedang menjalankan gaya hidup zero waste. Saya sendiri tidak akan menggunakan paper filter dua kali sebenarnya. Karena cukup mengganggu pada saat proses penyeduhan dengan kertas yang kerap bergeser.

Kamu bagaimana? Sudah pernah coba?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Sering menggunakan ulang paper filter merek Hario, bahkan sampai empat kali. Betul seperti yang disebutkan tidak banyak perubahan dari rasa, kecuali kusut.

    Pernah menggunakan ulang filter merek lain. Hasilnya tidak bagus. Padahal filter dicuci bersih sampe gak berbau. Hasil seduhan kedua ternyata filter mengeluarkan bau aneh. Kurang sedap balah cenderung bau busuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.