APAKAH SECANGKIR KOPI HITAM BENAR-BENAR BEBAS KALORI?

Kopi hitam hanya mengandung kopi itu sendiri dan tentu saja air. Tanpa gula, tanpa susu, tanpa pemanis lainnya apakah membuat kopi hitam yang kamu nikmati setiap hari itu benar-benar bebas dari kalori?

KALORI untuk beberapa orang adalah musuh utama yang mengganggu keseimbangan tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Kalori seringnya ditemukan pada makanan dan minuman manis, berlemak dan lain sebagainya. Oleh karena itu, banyak peminum kopi yang memilih kopi hitam tanpa pemanis apapun agar terhindar dari kalori yang tidak baik itu. Namun, apakah benar secangkir kopi hitam baik diseduh dengan metode manual semacam filter coffee maupun diracik dari mesin espresso menjadi americano benar-benar bebas dari kalori?
Menurut USDA National Nutrient Database yang disunting dari sebuah artikel dari livestrong.com, secangkir kopi hitam mengandung kalori hanya saja jumlahnya kecil sekali yaitu 2 kalori saja. Sedangkan secangkir espresso one shot hanya mengandung 1 kalori saja. Jumlah kalori yang sangat kecil ini tentu tidak akan mengganggu kesehatan kamu. Kecuali tubuh kamu sensitif terhadap zat lain yang terkandung di dalam kopi seperti kafein.

Sedangkan jika kamu memilih menikmati kopi decaf alias tanpa kafein, maka kalori yang terdapat adalah 0 kalori. Hal ini tentu akan lebih baik lagi meski kita tahu decaf coffee tidak 100% bebas kafein. Dengan kata lain, kopi hitam yang diseduh dengan cara apapun memiliki kalori sangat rendah sehingga aman dikonsumsi untuk mereka yang sangat mempertimbangkan asupan kalori yang dikonsumsinya.

Selain mengandung 2 kalori, secangkir kopi hitam (100 gram)  juga mengandung kurang lebih 2 mg natrium, 49 kalium, 2 mg kalsium dan 3 mg magnesium. Semua ini adalah kandungan zat yang diperlukan tubuh kamu. Berutunglah kamu yang memang mengonsumsi secangkir kopi hitam setiap hari karena kamu mendapatkan bonus terhindar dari  penyakit diabetes tipe 2 dan mengurangi resiko alzeimer yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang.

Lalu bagaimana dengan minuman kopi yang mengandung pemanis? Well, tingkat kalorinya tentu akan semakin bertambah tergantung jenis minuman apa yang kamu konsumsi. Bisa terbayang ‘kan sebanyak apa kalori minuman dingin dengan karamel, cokelat dan whipped cream? 😀

Foto utama dari ravenbait.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Bagaimana dengan kopi sachet yang banyak dijual di warung-warung yang katanya mengandung campuran jagung.

    1. Kalau itu mohon maaf, bisa dibilang kastanya berbeda mas 😀 . Minuman kopi disini di anggap berasal dari kopi murni, bukan dalam proses pengolahan/sangrai ditambahkan bahan lain seperti beras, jagung dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published.