APAKAH SISA SEDUH KOPI BISA UNTUK MENYUBURKAN TANAMAN?

Sudah banyak yang tahu bahwa kopi digadang-gadang mampu menyuburkan tanaman baik dari ampasnya yang dijadikan pupuk maupun hasil seduhnya yang dijadikan penyubur.

TAPI ternyata tidak semua tanaman bisa menerima kandungan kopi dan kafein beserta zat-zat lain dengan cukup baik. Kopi seperti diketahui tak hanya mengandung kafein tetapi juga acidity yang cukup tinggi dan jika diberikan kepada tanaman tertentu mungkin akan menyuburkan. Tapi jika diberikan ke tanaman yang ‘lain’ bisa berefek sebaliknya.

Lalu apakah setiap sisa kopi yang tak habis kamu minum bisa dijadikan penyubur setiap tanaman dengan menyiramnya begitu saja? Jawabannya bisa dan tidak. Kenapa? Tergantung dari jenis kopi apa yang kamu minum dan sisakan. Jika kamu hanya mengonsumsi kopi hitam saja, bisa dari hasil seduh manual maupun dari mesin maka cairan sisa kopimu itu bisa dijadikan alat penyubur. Tapi jika kopimu adalah kopi yang mengandung gula, susu dan krim, maka kopimu sama sekali tidak bisa digunakan untuk menyiram tanaman. Kandungan lemak, gula dan lain sebagainya disinyalir bisa merusak tanaman. Dan bisa juga mengundang kawanan semut dan serangga lainnya untuk mampir ke sana. Jadi perkara menyiram tanaman dengan kopi ini hanya dikhususkan untuk kopi hitam saja.

Foto dari gardeningknowhow

Lalu tanaman apakah yang bisa menggunakan metode penyiraman dengan kopi ini? Tanaman yang akan merespon baik cairan kopi sebagai alat penyuburnya adalah tanaman seperti pinus, anggrek, azalea dan beberapa jenis bunga-bungaan dan pepohonan yang menyukai tumbuh di daerah tanah yang memiliki kandungan asam yang tinggi. Jadi ketika kamu melakukan penyiraman tanaman dengan kopi dan melihat perubahan signifikan seperti ujung-ujung daun berubah menjadi kekuningan bahkan kecokelatan maka kamu harus menghentikan proses ini. Itu adalah pertanda bahwa tanamanmu tidak bisa menerima zat yang ada di dalam kopi. Besar kemungkinan kadar asam pada kopi terlalu berlebih untuk diterima tanaman tersebut sehingga membuat tanaman tersebut tidak sehat.

Jadi jika ada yang bertanya apakah kopi bisa dipakai sebagai media penyiraman yang menyuburkan tanaman khususnya tanaman hias? Jawabannya bisa tetapi hanya tanaman tertentu dan hanya menggunakan kopi hitam biasa tanpa susu, krim, gula dan zat lain di luar kopi dan air.

Disunting dari thespruce.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.