AROMA KOPI BISA TINGKATKAN DAYA NALAR OTAK

Ternyata menikmati sajian kopi bukan hanya penghilang kantuk, lebih dari itu aroma kopi saja mampu tingkatkan fokus penikmatnya.

MENIKMATI sajian kopi sekarang ini menjadi sebuah gaya hidup di hampir separuh penduduk dunia, kebutuhan para penikmati kopi ingin meneguk secangkir sajian kopi tiap hari karena manfaat dari sajian kopi itu sendiri. Maka tidak heran ketika banyak penikmat kopi begitu jatuh hati dengan sajian nikmat ini, hingga mendedikasikan diri mereka terlibat menjadi pelaku di industri kopi. Tumbuh dan berkembangnya industri kopi ini pun bukan hanya ditandai dari banyaknya penikmat kopi yang bermunculan, tapi juga semakin banyaknya peralatan kopi dengan ragam inovasi untuk menjawab segala keperluan para penikmat kopi, Sebabnya, sebagai penikmat kopi kini tidak perlu khawatir jika ketika bepergian ingin menikmati sajian kopi favorit mereka, karena banyak peralalatan kopi portabel yang mudah dibawa ke mana saja.

Industri kopi pun sangat mendukung dan memanjakan para penikmat kopi di segala profesi, tidak hanya dari peralatan kopi yang ada namun juga manfaat dari sajian kopi itu sendiri. Bukan hal baru, bahwa sajian kopi memiliki banyak sekali manfaat untuk para penikmatnya, dari mulai mencegah banyak penyakit tertentu hingga membantu tingkatkan produktifitas diri dalam segala hal. Maka tidak heran jika sajian kopi juga mampu meningkatkan daya nalar seseorang, sehingga menjadi lebih fokus untuk mempelajari sesuatu atau fokus dalam mengerjakan apa pun. Secara gamblang, seorang mahasiswa penikmat kopi tentu akan memiliki keterampilan atau pun kecerdasan pada bidang tertentu yang diminatinya, dan seorang pekerja penikmat kopi akan memiliki daya nalar untuk memahami masalah yang harus diselesaikan dan dikerjakan.

credit: freepik.com

Faktanya, dengan mencium aroma kopi daya nalar seseorang akan meningkat, secara gamblang setidaknya sajian kopi mampu membantu segala urusan yang melibatkan kinerja otak. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal psikologi, menjelaskan bagaimana aroma sajian kopi memberikan efek dorongan kognitif pada tugas-tugas analitis dan berpengaruh positif pada harapan untuk kinerja yang lebih baik. Bahkan aroma sajian kopi memiliki efek plasebo yang mampu mengontrol efek dari pengharapan secara positif, sehingga seseorang mengaktifkan harapan mereka untuk bekerja lebih baik.

credit: pexels.com

Penelitian ini melibatkan 100 orang mahasiswa sarjana jurusan bisnis, para peneliti menerbitkan 10 pertanyaan aljabar untuk dua kelompok, satu kelompok mengerjakan soal aljabar di ruangan beraroma kopi, sementara kelompok lain mengikuti tes aljabar di ruangan tanpa aroma kopi. Ditemukan hasil setelah masing-masing kelompok mengerjakan tes, secara signifikan kelompok yang mengerjakan soal aljabar di ruangan beraroma kopi memiliki nilai lebih tinggi dari pada kelompok yang mengerjakan soal aljabar di ruangan tanpa beraroma kopi.

Maka jika ingin mengoptimalkan tugas harian, teguk kopi hari ini dan nikmati aroma sajian kopi untuk meningkatkan produktifitas diri. Selamat meneguk hari dengan secangkir kopi.

sumber
dailycoffeenews.com Just the smell of coffee is good for your brain power research shows
pexels.com img by pixabay

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.