ATOMO MOLECULAR COFFEE: MENIKMATI KOPI TANPA KOPI

Di masa depan tampaknya kita takkan pernah kehabisan stok kopi meski bisa jadi kopi itu tak lahir dari tanaman kopi. Lho? 

DENGAN tingginya konsumsi kopi setiap harinya dan menuanya planet kita, bisa jadi di masa depan tak semua orang tercukupi asupan kafeinnya. Karena manusia semakin bertambah, peminum kopi semakin bertambah sementara lahan untuk tumbuhnya kopi mungkin sudah sangat terbatas. Berdasarkan inilah sekelompok orang dengan gagah berani menciptakan kopi molekular yang rasa dan sensasinya sama seperti kopi tapi tidak dari tanaman kopi.

credit: unsplash.com

Penciptaaan kopi molekular ini kurang lebih sama seperti menciptakan daging dari senyawa daging. Bukan dari menyembelih hewan. Adalah Jarret Stepforth, Ph.D. salah satu founder dari Atomo Molecular Coffee bersama timnya mengembangkan senyawa untuk menciptakan kopi tanpa perlu menanam, memanen dan melewati proses itu. Menurut dia dan timnya, meningkatnya suhu global telah memaksa perkebunan kopi untuk pindah ke daerah yang tumbuh lebih sejuk dalam beberapa tahun terakhir, mengakibatkan sekitar 250.000 hektar deforestasi setiap tahun. Sebuah fakta yang tidak menyenangkan yang bisa diakibatkan dari kopi saja, belum dari hal-hal lain.

credit: travelandleisure.com

Oleh karena itu, mereka mengembangkan senyawa yang digadang-gadang akan menjadi solusi untuk para penikmat kopi sekaligus turut serta menyelamatkan bumi. Perusahaan saat ini sedang mengerjakan pembuatan bubuk kopi tanpa biji serta kopi siap minum. Perusahaan saat ini sedang mengerjakan pembuatan bubuk kopi tanpa biji serta kopi siap minum. Produk pertamanya, cold brew on tap, akan diluncurkan di beberapa lokasi pada kuartal ketiga 2020.

Meskipun banyak yang menaruh keragu-raguan terhadap kopi tanpa kopi ini tapi menurut beberapa orang tak ada salahnya memberi kesempatan untuk proyek yang lumayan menarik perhatian ini. Ya, siapa tahu rasanya benar-benar sama nikmat. Ya, siapa tahu akan banyak peminat yang membuat kopi terasa lebih ajaib. Karena hal-hal baru biasanya hadir untuk menjadi solusi. Membawa angin segar untuk hidup yang kian membosankan ini.

Kalau kamu berminat coba tidak?

 

Artikel dan foto dari Atomo

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.