BAGAIMANA AROMA KOPI BEKERJA DI CANGKIR KOPI

Meneguk sajian kopi dengan rasa nikmat berawal dari kualitas biji kopi yang hebat dan diseduh dengan peralatan seduh kopi berkualitas.

SAMPAI di sini semua mungkin sangat sepaham, untuk mencapai kualitas rasa sajian kopi yang nikmat harus memperhatikan penggunaan biji kopi untuk sajian kopi. Sebabnya, bagaimana bisa menemukan karakter rasa nikmat jika biji kopi untuk seduhan adalah biji kopi yang tidak segar lagi. Perihal persediaan biji kopi untuk mencapai pengalaman nikmat meneguk sajian kopi, tidak hanya perkara biji kopi yang segar, tingkatan roasting pun juga pasti diperhatikan. Biji kopi dengan perbedaan level roasting akan berbeda juga cara seduhnya, semisal biji kopi medium roast lebih sering diseduh dengan alat kopi manual brew, sedangkan biji kopi dark roast kebanyakan menggunakannya untuk sajian kopi susu.

Maka, tahap selanjutnya dari meneguk nikmatnya sajian kopi dengan pemilihan alat seduh kopi yang sesuai. Sangat disayangkan jika biji kopi yang memiliki kompleksitas rasa harus diseduh dengan alat seduh kopi biasa. Kualitas biji kopi yang hebat harus dipadukan dengan peralatan seduh kopi yang berkualitas dan tepat. Bayangkan jika biji kopi dengan kakayaan flavor notes harus diseduh menggunakan metode alat kopi ibrik, sulit untuk diungkapkan. Tidak heran sebabnya, banyak pecinta kopi sangat serius dengan peralatan seduh kopi mereka, demi sajian kopi yang nikmat di dapur rumah dilengkpai dengan ragam alat seduh kopi, layaknya para home brewers. Karena kini semua orang bisa menyeduh kopi favorit mereka dengan nikmat, dengan kemudahan berbelanja biji kopi dan peralatan kopi dan mudahnya akses informasi untuk mendukung proses seduh kopi.

credit: goodfon.com

Namun ternyata, sedikit yang mengetahui bahwa dengan cangkir kopi yang digunakan untuk menikmati kopi, bisa meningkatkan aroma dan kualitas rasa. Maka menjadi penting untuk mencapai sajian kopi nikmat, harus memilih cangkir kopi yang sesuai demi menjaga aroma kopi dan kualitas rasa tidak cepat terlepas dan terpapar ke udara.

Sudah pasti pada sajian kopi, aroma berperan untuk mengaktifkan persepsi indera penciuman akan rasa kopi. Semakin lama aroma terjaga di dalam cangkir kopi, maka seseorang akan mendapatkan rasa sajian kopi yang konsisten di tiap teguknya, bahkan bisa semakin meningkat. Sajian kopi yang menempati ruang di cangkir kopi ketika dituang akan menebarkan aroma kopi ke sekitar cangkir. Lalu bagaimana menjaga aroma kopi tetap terjaga di cangkir kopi, dengan memilih cangkir kopi yang tepat.

credit: vindulge.com

Dari mulai material dasar pembuatan cangkir, warna cangkir bahkan bentuk dari cangkir itu sendiri merupakan sebagian kecil yang harus diperhatikan untuk memilih cangkir yang sesuai. Paling sering yang ada saat ini, cangkir terbuat dari bahan keramik dengan ragam pilihan warna dan juga kaca tahan panas. Material mungkin memegang peran untuk menjaga suhu sajian kopi, tapi bentuk punya peran untuk menjaga aroma tidak terpapar ke udara secara drastis. Akan berbeda bentuk cangkir biasa dengan cangkir yang cembung di bagian bawah dan semakin ke atas diameternya sedikit kecil dari diameter dasar cangkir.

Cangkir yang dituangkan sajian kopi, akan menempati seluruh ruang dan melepaskan aroma ke bagian cangkir yang tidak terisi dengan kopi. Aroma ini akan tertahan ke bagian cangkir yang tidak terisi kopi, jika bentuk cangkir lurus makan aroma akan cepat keluar, namun akan tertahan beberapa saat jika bentuk cangkir agak mengecil di permukaan atas. Bagaimana pun pilihan cangkir untuk sajian kopi kamu, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan ngopi kamu.

img: timwendel.bo

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.