BAGAIMANA CARA MENYAJIKAN KOPI UNTUK PELANGGAN

Untuk pemilik kedai kopi yang baru memulai membuka usaha kedai kopi mereka, salah satu yang terpenting dari industri ini adalah pelayanan, kedai kopi merupakan barisan paling depan mempertemukan kopi dengan penikmatnya.

SANGAT disayangkan kopi yang nikmat disajikan dengan kesan yang biasa, walau pun pastinya kopi akan memberikan nuansa yang menarik bagi penikmatnya, alangkah baiknya jika memberikan sentuhan khas ketika menyajikan sajian kopi tersebut. Pernahkah di antara kamu pergi ke kedai kopi karena sangat menikmati penyajian kopi mereka, tidak hanya pelayanan yang ramah cara menyajikannya pun membuat kita ingin kembali di lain hari ke kedai kopi itu. Tiap orang punya cerita tersendiri, dan sebagai pemilik kedai kopi tiap pengalaman bisa menjadi referensi untuk diterapkan pada kedai kopi mereka.

Berbeda metode seduh yang digunakan tentunya berbeda pula cara menyajikannya. Espresso akan lebih berkesan disajikan dengan cangkir keramik dengan pegangan untuk menambah kesan ketika menikmatinya. Bagaimana cara pramusaji menyajikan kopi merupakan cara bagaimana mereka menghargai sajian yang akan diantar ke pelanggan mereka. Tips secara umum yang kebanyakan dilakukan oleh para pramusaji untuk memberikan kesan ketika menyajikan sajian kopi ke pelanggan.

credit: sallyhershbergerfaceplace

Kebersihan Perlengkapan Kopi
Pada sajian makanan atau pun minuman, kebersihan adalah yang paling utama sebagai bentuk pelayanan untuk menyajikan yang terbaik. Sudah pasti kebersihan perlengkapan kopi harus dijaga, dari mulai perlengkapan seduhnya hingga perlengkapan penyajiannya.

Jangan Terlalu Penuh di Cangkir
Jika menyajikan cappucinno atau pun latte, baiknya jangan terlalu penuh hingga kepermukaan cangkir, beberapa penikmat kopi menganggap kopi yang tumpah ke piring kecil cangkir mengurangi kesan ketika menikmatinya. Ada baiknya menyajikan kopi pada metode seduh apa pun tidak terlalu penuh.

Posisi Sendok di Cangkir
Menyediakan sendok kecil pada sajian kopi memberikan keleluasaan untuk pelanggan menikmati secangkir kopi dengan cara mereka sendiri apakah menggunakan sendok atau langsung menyeruputnya. Hanya saja jika ingin meletakkan sendok, ketika meletakkan sajian ke meja pelanggan pastikan pegangan sendok mengarah ke pelanggan dan terletak di sebelah kanan.

Memilih Server Yang Unik
Menyajikan sajian kopi dengan perlengkapan khas sangat penting, bahkan perlengkapan yang unik memiliki daya tarik tersendiri. Seperti server yang mirip dengan alat kimia atau server yang memiliki desain elegan, memberikan kesan kepada pelanggan ketika mereka menikmati kopi.

Air Mineral
Untuk pengalaman pelanggan merasakan sentuhan rasa yang optimal setiap tegukan, ada baiknya menyajikan segelas air mineral untuk menetralkan perasa. Hingga pada akhirnya bisa merasakan kenikmatan yang sama ketika pertama kali teguk.

credit: Lester Greenberg

Menggunakan Tray
Beberapa kedai kopi memilih untuk menyajikan sajian kopi mereka menggunakan tray dari kayu, untuk memberikan kesan nyaman ketika mata memandang dan hendak meminum kopi mereka. Namun penyajian menggunakan tray tidak sesuai untuk meja kopi yang berukuran kecil, meja akan terkesan sangat sempit.

Coffee Pairing
Menyajikan secangkir kopi dengan potongan coklat, biskuit atau pun cemilian lainnya yang mampu meningkatkan karakter rasa kopi merupakan bentuk pelayanan yang baik. Pelanggan pun akan menikmati secangkir kopi mereka dengan pengalaman ngopi yang berbeda.

Take Away
Untuk penyajian take away, ada baiknya mencari cara bagaimana kopi tersaji secara praktis dan tidak ribet. sehingga pelanggan pun nyaman ketika membawa pergi sajian kopi.

Ketika kamu menjadi pengunjung di salah satu kedai kopi, tentunya ada cerita yang masih berkesan tentang penyajian kopi mereka ketika disajikan ke kamu. Malahan terkadang hal itu membuat kita untuk kembali lagi meneguk nikmatnya secangkir kopi di kedai kopi itu. Semoga tiap kedai kopi memberikan pelayanan menyajikan kopi yang diinginkan oleh para pelanggan.

src: horecamasterschool.com img: coffeeshopstartups

1 Comment
  1. dan jangan pegang cangkir atau gelas di bibirnya, seperti yg banyak dilakukan barista waktu buat latte art ! peganglah bagian bawah gelas atau kuping cangkir!

Leave a Reply

Your email address will not be published.