BAGAIMANA JADINYA MINUM KOPI SEBELUM TIDUR

Jika secangkir kopi bisa optimalkan produktifitas kerja, apakah kafein kopi juga bisa tiingkatkan kualitas tidur.

Secara sadar atau pun tidak disengaja, di antara kita mungkin pernah meneguk sajian kopi sebelum tidur. Bahkan beberapa orang percaya dengan menikmati sajian kopi sebelum tidur, maka kualitas tidur mereka lebih baik dibandingkan tanpa meneguk kopi. Alih-alih, sebuah isu kafein kopi bisa tingkatkan kualitas tidur, saya pernah meneguk kopi hitam dengan harapan tetap terjaga untuk sebuah pekerjaan. Malahan, 2 jam berikutnya setelah minum kopi, mata terasa kantuk seperti tidak ada bedanya minum kopi atau pun tidak minum kopi, jika tubuh butuh istirahat maka tidak bisa ditunda lagi.

Credit : mexicalibariatric.com

Sensitifitas tubuh akan kafein kopi sebelum tidur
Untuk para peminum kopi yang tidak rutin, maka sensitifitas tubuh akan kafein lebih tinggi dibandingkan mereka yang minum kopi secara rutin. Hal ini menerangkan mengapa beberapa orang dengan secangkir kopi saja sudah bisa membuatnya terjaga sepanjang malam, kesulitan untuk tidur. Tapi, tidak sedikit orang yang minum kopi di malam hari malah tidur nyenyak dan bangun pagi dengan begitu bugarnya. Sebabnya, terbagi dua golongan pendapat, bahwa minum kopi malam hari mengganggu jam tidur, dan yang satunya minum kopi malam hari optimalkan kualitas tidur.

Kebiasaan minum kopi secara rutin di pagi hari akan mengurangi sensitifitas tubuh akan kafein, namun bukan berarti hal ini menjadi hal yang harus dikhawatirkan. Jika ingin kembali pada siklus tubuh pada umumnya, mudahnya kurangi asupan kopi harian selama sebulan, maka hari berikutnya sensitifitas tubuh akan kafein seperti orang pada umumnya. Kemudian muncul pertanyaan, apakah kafein kopi akan membuat seseorang terjaga di malam hari, tergantung pada sensitifitas tubuh mereka akan kafein kopi.

credit: curiosity

Kafein kopi tidak berpengaruh pada kualitas tidur
Sebagian orang masih khawatir untuk minum kopi, karena beranggapan bahwa kopi akan menimbulkan masalah sulit tidur. Lebih jelasnya lagi, kafein kopi tidak berpengaruh apa pun pada kualitas tidur dan juga kuantitas tidur. Hal ini dijelaskan para peneliti dari Harvard Medical School dan Flordia Atalantic University dengan menyimpulkan penelitian dari mempelajari kualitas 785 orang pada total 5.164 malam setelah mengkonsumsi kafein kopi, alkohol dan nikotin.

Dengan mencatat durasi tidur, efisiensi tidur dan seberapa cepat seseorang bangun, malah para peneliti menemukan bahwa konsumsi alkohol dan nikotin 4 jam sebelum tidur berpengaruh mengurangi kualitas tidur, sedangkan kafein kopi tergantung pada bagaimana tubuh seseorang bereaksi terhadap kafein kopi yang mereka konsumsi. Tidak ada aturan mutlak bahwa kafein kopi bisa membuat seseorang mengalami masalah tidur, hal ini tentang sensitifitas seseorang menerima kafein kopi.

Walau pun demikian, tidak ada penelitian yang menyarankan untuk berhenti mengonsumsi kafein kopi sepenuhnya, meskipun untuk beberapa orang minum kopi 3 jam atau 6 jam sebelum tidur dapat mengurangi kualitas tidur seseorang. Maka baiknya, kenali sensitifitas tubuh akan konsumsi kafein kopi, seberapa banyak konsumsi kopi lebih mudah diatur jika seduh kopi sendiri, dengan pour over misalkan. Selamat meneguk nikmatnya kopi di malam hari.

sumber
kutv.com Minum kopi sebelum tidur tidak mempengaruhi kualitas tidur, studi menemukan
homegrounds.co Kopi sebelum tidur: apakah ide yang buruk?
pexels.com img rawpixel

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.