BAGAIMANA KAFEIN KOPI MELAKUKAN BANYAK HAL MENAKJUBKAN

Pernahkah kamu menikmati secangkir kopi kamu di siang hari ketika sedang lelah-lelahnya, atau pernahkah kamu meneguk iced coffee saat sedang malas-malasnya beraktifitas, dan tambah sadar kopi menyelematkan hari kamu seketika. Terdengar menakjubkan bukan, namun bagaimana kopi dapat melakukan hal menakjubkan seperti itu.

JIKA kamu mencari jawabannya, ini karena kafein kopi yang terkandung di dalam secangkir kopi kamu. Senyawa kafein inilah yang berperan aktif mengurangi lelahmu menjadikan sedikit bugar dan bersemangat, kafein inilah yang membuat badan menjadi aktif ketika sedang malas beraktifitas. Tak khayal jika beberapa instansi memiliki pantry yang memfasilitasi karyawan mereka dengan mesin kopi untuk kebutuhan kopi di saat krusial ketika karyawan tidak produktif. Nah, jika instansi kamu belum memiliki mesin kopi dan sedang mencari yang sesuai untuk di pantry kantor, kami rekomendasikan mesin kopi Otten 708 atau Otten 712 selain tahan lama, gak perlu ribet untuk menyajikan cappuccino, black coffee, atau sajian lainnya, serasa ada barista di pantry kantor.

credit: billi-uk.com

Bagaimana bisa kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat meningkatkan potensi diri, apakah hal ini hanya sekadar sugesti atau khasiat dari senyawa itu sendiri. Pertama, kita sepakat tubuh kita dapat menyerap gizi yang ada pada makanan dan minuman, namun berbeda orang juga berbeda daya serap tubuhnya akan gizi yang terkandung. Terlebih lagi tiap kandungan yang terdapat pada makanan dan minuman berbeda kecepatan serapannya yang diterima tubuh. Faktanya, organ tubuh kita lebih cepat menyerap kafein daripada kandungan senyawa obat lainnya. Pada kadar tertentu, selain itu kafein tidak mengalami efek yang negatif bagi fisiologis ketika masuk ke jaringan tubuh, relatif sama.

Kemampuan kafein ini melakukan hal yang menakjubkan sebab kafein mampu dengan cepat masuk dan menembus sistem saraf pusat, oleh karenanya kafein bisa dibilang sangat cepat reaksinya pada tubuh. Kafein akan memengaruhi neurotransmiter, yang mana senyawa tubuh ini mengatur interaksi sel-sel saraf. Sekilas pengaruh kafein untuk beberapa hal.

KAFEIN KOPI MENGHAMBAT LELAH TUBUH
Kafein kopi yang sudah masuk pada jaringan tubuh memberikan pengaruh menghambat aktifitas adenosin melalui neurotransmiter. Adenosin merupakan fungsi yang membuat tubuh merasa lelah atau mengantuk. Jangan heran, jika ketika selesai menikmati kopi tubuh seakan segar kembali dari kantuk atau kelelahan.

KAFEIN KOPI MEMPERBAIKI SUASANA HATI
Setelah masuk ke jaringan tubuh, kafein tidak hanya memengaruhi adenosin tubuh, namun juga memengaruhi dopamin. Kafein meningkatkan transmisi dopamin yang melindungi sel otak dari penuaan dan bertahap merubah suasana hati.

KAFEIN KOPI MENINGKATKAN DAYA INGAT
Daya ingat juga dapat meningkat karena kafein kopi, selanjutnya saat kafein masuk pada jaringan tubuh, kafein juga memengaruhi aktifitas asetilkolin. Kandungan kafein melalui neurotransmiter meningkatkan aktifitas asetilkolin yang mana aktifitas ini mampu meningkatkan daya ingat jangka panjang.

KAFEIN KOPI MEREDAKAN MIGRAIN
Satu lagi, kafein meningkatkan kadar serotonin tubuh yang mana kadar ini secara langsung membuat kafein mampu mengurangi depresi, lebih santai, bersemangat, meningkatkan waspada dan juga meredakan migrain.

Walaupun banyak hal menakjubkan yang dilakukan oleh kafein, lebih baik kenali diri seberapa jauh tubuh kita mampu mengkonsumsi kafein untuk tubuh. Sebab tiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda, ini juga yang menyebabkan tiap orang berbeda daya serapnya akan kafein.

src: The Miracle of Caffeine by Bennett & Bonnie img: yanphoto

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.