BAGAIMANA KEDAI KOPI CIPTAKAN PENGALAMAN NGOPI PELANGGANNYA

Pernahkah pergi ke kedai kopi tanpa sengaja dengan suasana yang sangat baru di benak kita, tapi ketika barista menyajikan secangkir kopi untuk kita begitu berkesan dan sangat berhasil mengubah suasana hati.

SEBAGAI pemilik kedai kopi, tentu akan mencari cara bagaimana pelanggan yang datang ke kedai kopi mereka dan setelah pulang membawa pengalaman ngopi yang tidak akan pernah dilupakan. Kedengarannya sangat sulit menciptakan pengalaman pelanggan, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Dengan pelayanan setulus hati, merupakan langkah awal untuk menciptakan pengalaman ngopi pelanggan.

Lalu, bagaimana kedai kopi menciptakan pengalaman ngopi pelanggan yang selalu dikenang? Secara sederhana jawabannya terletak pada kejutan dan kebahagiaan.

Psikologi kejutan memberikan sentuhan emosional yang sangat kuat, dan bahkan sulit untuk dilupakan, kedai kopi yang memanfaatkan psikologi kejutan ini tentu akan lebih menarik. Semisal, pelanggan datang dengan wajah yang begitu penatnya tentang masalah hidup, ketika masuk ke kedai kopi dan dilayani dengan setulus hati menyajikan secangkir kopi, bisa dipastikan momen ini begitu berharga baginya.

Kejutan yang membangkitkan emosi bahagia dalam diri pelanggan tentu akan membuat mereka untuk menceritakan pada teman atau relasinya tentang kedai kopi tersebut, bahkan menjadi pelanggan tetap untuk kedai kopi itu. Hadiah-hadiah kecil seperti biskuit atau potongan coklat yang disajikan bersamaan secangkir kopi, akan menjadi kejutan yang membahagiakan dengan keajaiban kata-kata. Namun jika hanya disajikan sekadar meletakkannya di atas meja tanpa keajaiban kata-kata untuk diucapkan, maka biskuit atau potongan coklat ini tidak ada artinya.

Ada kisah seorang pelanggan yang singgah ke kedai kopi setelah mengalami hari yang berat. Ketika masuk dan duduk di meja, barista menanyakan kepadanya tentang kabarnya hari ini. Pelanggan itu menceritakan hari yang begitu berat dilaluinya, dan berharap menemukan ‘restart button‘ untuk mengulangi beberapa hal agar dapat diperbaiki menurutnya. Apa yang terjadi, pesanan kopi yang datang kepadanya adalah secangkir kopi dengan potongan biskuit serta tulisan ‘restart‘ di atas permukaan kopinya. Keajaiban kata-kata yang dilengkapi dengan pelayanan yang tulus, pelanggan pun
seakan mendapatkan semangat baru.

Pelayanan dari barista atau pun pramusaji dengan sepenuh hati kepada pelanggan adalah bentuk penghargaan yang melebihi apa pun. Secangkir kopi yang nikmat, tidak akan terasa istimewa jika diantarkan oleh pramusaji yang tidak ramah, namun bukan berarti secangkir kopi yang biasa saja menjadi luar biasa dengan pelayanan yang sungguh-sungguh. Lebih baik, sajian kopi yang istimewa dengan pelayanan ramah kepada pelanggan, maka suasana bahagia tercipta memberikan ruang pengalaman ngopi yang berharga kepada pelanggan.

Apakah kamu pernah punya pengalaman ngopi yang masih terkenang hingga sekarang, apakah itu karena secangkir kopinya atau karena pelayanan yang diberikan. Kopi yang nikmat akan menemukan penikmatnya di segala suasana hati.

src: handground.com img: burpple

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.