BAGAIMANA MENYAMARKAN PAHIT PADA KOPI?

Jika kamu tak siap mencicipi pahit pada kopi, maka kopi bukanlah minuman yang diciptakan untukmu.

KARENA bagaimana pun kopi kamu racik dan olah, rasa pahit takkan pernah benar-benar lepas dari kopi. Pahit dan kopi melekat erat. Hampir tak mungkin dipisahkan dan secara mutlak dilenyapkan. Tapi jika kamu ingin menyamarkan pahit yang ‘tebal’ pada kopi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Namun ingat, pahit takkan pernah benar-benar pergi. Dia ada meski tersamar.

credit: search engine

Jika kamu menyeduh secara manual dengan alat-alat seduh seperti pour over, Aeropress dan lain-lain, maka kamu bisa bermain dengan variabel seduh. Bisa bermain di suhu air, level gilingan dan juga waktu seduh. Namun jika dark roast biji kopinya, maka agak sulit menyamarkannya. Disarankan memilih biji kopi yang disangrai di level medium dan light. Kopi-kopi ini lebih ringan rasanya, lebih flavorful lebih clean. Meski begitu pahit tetap ada meski tak sekeras biji kopi yang disangrai gelap.

Suhu lebih panas dan level gilingan lebih halus bercampur pilihan sangrai yang gelap sudah pasti akan menghasilkan kopi lebih pahit. Begitu pun sebaliknya. Jadi kenali dulu biji kopimu sebelum kamu memutuskan variabel seduhmu biar rasanya tak sepahit masa lalu. Ha-ha-ha.

Credit : baristocrat.com

Sedangkan untuk minuman kopi dingin cara menyamarkan pahit membuat rasanya lebih seimbang adalah dengan dicampurkan susu. Masih kurang? Kamu bisa menambahkan gula aren, gula merah, gula kelapa, hingga madu. Tapi jika terlalu banyak komposisi gula dari kopi maka yang kamu minum sesungguhnya nyaris bukan kopi lagi.

Cara yang agak sehat ketimbang gula adalah dengan menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon pada kopimu. Jika suka tambahkan lagi madu. Dijamin minuman yang ini segar dan bisa dinikmati tanpa rasa bersalah. Namun bagi kamu yang agak sensitif terhadap asam, sebaiknya kenali kondisi tubuh dulu sebelum mengonsumsi ya.

 

Foto utama dari lacolombe.files.wordpress.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.