BAGAIMANA MENYIMPAN KOPI AGAR TETAP SEGAR?

Kopi adalah benda yang sensitif. Menyimpan kopi di tempat yang salah dan dengan cara yang keliru akan mengubah rasa asli dan kesegarannya.

Beberapa orang mungkin sering membeli kopi dalam jumlah banyak untuk persediaan berbulan-bulan. Padahal dia tak tahu bahwa kopi yang telah berbulan-bulan disimpan (baik bubuk maupun biji) akan mengubah rasa, kesegaran kopi dan yang terburuk akan menyebabkan kopimu basi. Lalu bagaimana sebaiknya menyimpan kopi agar terjaga kesegarannya? Silakan simak beberapa tips berikut ini.

Belilah Biji Kopi, Bukan Bubuk Kopi

Biji kopi yang kamu simpan dapat bertahan lebih lama dari bubuk kopi. Kita menyukai menikmati kopi yang segar, dan kesegaran tersebut berada pada biji. Kopi lebih baik dinikmati sesaat setelah bijinya digiling, bukan melalui bubuk kopi yang telah berhari-hari disimpan. Kopi sangat mudah teroksidasi, oleh karena itu kesegarannya akan menurun sesaat setelah bijinya digiling. Jika kamu mengonsumsi kopi setiap hari, disarankan memiliki grinder di rumah. Tak harus mahal, manual grinder semacam Porlex dan Zassenhaus bisa menjadi pilihan yang tepat.

Gunakan Biji Kopi Di Kurun Waktu Tertentu

Biji kopi yang baik sebaiknya tak terlalu lama dikonsumsi setelah dia disangrai. Biji kopi yang setelah disangrai namun disimpan terlalu lama akan memberikan efek yang serius pada rasanya. Kopi tersebut bisa kehilangan nikmatnya karena mungkin saja sudah basi. Sebaiknya menggunakan kopi beberapa hari setelah disangrai. Tak ada salahnya membeli kopi dalam jumlah kecil dan berulang-ulang daripada membeli kopi dalam jumlah banyak lalu menumpuknya di rumah, bukan?

Simpanlah Kopi Dalam Wadah Kedap Udara

Kopi memang sebaiknya disimpan di dalam paper bag yang memang menjadi tempat awal saat kita membeli kopi. Tapi hal itu akan menjadi tak baik lagi apabila kita sudah menggunakan sebagian kopi dan ingin menutupnya kembali. Paper bag yang telah dibuka tidak mampu menyimpan kopi secara maksimal. Oleh karena itu, kamu membutuhkan toples atau kontainer kedap udara. Bodum Storage Jar, Hario Glass Canister atau Kinto Bottlit Canister adalah tiga tempat penyimpanan kopi yang mampu menjaga kesegaran kopimu. Ingat, toples kedap udara it’s a must!

Simpan Kopi di Tempat yang Sejuk dan Gelap

Saat tanaman memerlukan matahari untuk tumbuh, maka kopi yang telah disangrai tidak memerlukannya. Simpanlah kopimu di tempat yang sejuk, gelap dan terhindar matahari agar kesegarannya terjaga dan rasanya tak berubah. Meskipun sejuk, tapi menyimpan kopi di dalam kulkas sama sekali tidak disarankan.

PS: Kopi yang disimpan pada aluminium foil bag disarankan tidak lebih 3 bulan. Simpan di tempat sejuk dan gelap. Hindari dari matahari langsung dan jangan disimpan di kulkas.

 

Disunting dari thekitchn.com

Pasted image at 2015_10_06 11_29 AM

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Halo, mau tanya, kalo di tempat penyimpanannya itu ditaro sealed silica gel gimana ya? Merusak kopinya tidak? Terimakasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.