BAGAIMANA ORANG-ORANG DI ARAB MENIKMATI KOPI MEREKA?

Beda negara, beda pula cara menikmati kopinya. Dan di Arab Saudi, Timur Tengah dan sekitarnya mereka memiliki cara istimewa dalam menyeduh kopi. 

SEORANG kerabat yang bekerja di Timur Tengah bercerita kepada saya bahwa orang-orang Arab dan Timur Tengah memiliki cara unik dalam menikmati kopi mereka. Meski tak dapat dipungkiri bahwa kedai kopi modern  di sana yang menyajikan menu-menu umum seperti espresso dan teman-temannya serta filter coffee, tapi kebudayaan minum kopi secara tradisional masih dilakukan di rumah-rumah.

Minum kopi di Timur Tengah telah ada sejak zaman nabi. Dan hingga kini ritual minum kopi tetap mengakar kuat bagi para penduduknya. Lalu bagaimana sebenarnya orang-orang di Arab dan sekitarnya menikmati kopi mereka?

Kopi Tidak Diseduh, Tapi Direbus

Kopi untuk mereka tidak diseduh seperti layaknya kopi Gelombang Ketiga. Tidak juga menggunakan paper filter dan alat seduh lainnya. Cukup dengan mendidihkan air dengan alat yang disebut dallah yaitu semacam pot atau teko yang corongnya sempit. Lalu menggunakan kopi yang digiling halus dan mencampurkannya dengan kapulaga bubuk. Kopi dan kapulaga direbus bersama air dan disajikan pada cangkir-cangkir keramik kecil.

credit : gettyimages.com

Kopi Tidak Disajikan Manis

Arabian Coffee ini tidak disajikan manis. Tidak diberi tambahan gula, madu, susu, krim atau apapun. Satu-satunya yang ditambahkan hanyalah bubuk kapulaga saja. Dan kopi yang biasa digunakan adalah kopi robusta yang pahit dan kuat aromanya. Jadi jika kamu ingin menikmati kopi ala Timur Tengah maka jangan coba-coba menambahkannya dengan ‘manis’ lainnya.

Dinikmati Bersama Kurma dan Manisan

Jika kopi yang disajikan di kedai kopi disajikan bersama kukis dan biskuit, maka arabian coffee ini disajikan dengan kurma. Kopi dinikmati sambil ngobrol atau berdiskusi dan kurma serta manisan menemani kopi itu sebagai camilannya. Sepertinya cocok dinikmati sehabis berbuka ya?

Aroma adalah Kunci!

Oleh karena itu, diperlukan kopi robusta segar beraroma terbaik untuk jadi bahan baku utamanya. Dan jangan lupa sentuhan kapulaga sebagai kunci dari segala kenikmatan dan aroma dalam nikmat cangkir arabian coffee-mu!

Jadi kapan kamu mau coba bikin arabian coffee yang menggoda ini?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.