BAGAIMANA REAKSI TUBUH SETELAH MINUM KOPI

Kamu penikmat kopi, apakah kamu tau apa yang terjadi dengan tubuh kamu beberapa waktu setelah kamu menyelesaikan teguk terakhir secangkir kopi kamu hari ini? Kopi yang habis kamu minum ternyata tidak berhenti sampai di situ, lebih dari itu kopi mengaktifkan reaksi tubuh beberapa waktu kemudian.

KONSUMSI kopi secara berlebihan sudah pasti akan berdampak buruk bagi tubuh kita, namun bagi mereka yang mengerti menikmati kopi secukupnya untuk kebutuhan, maka kopi akan menampilkan sisi lain dirinya yaitu manfaat kesehatan untuk tubuh kita. Di sisi lain kopi dapat mencegah beberapa kemungkinan seseorang terkena penyakit seperti alzheimer, dementia, dan diabetes tipe II.

Di antara kebaikan yang ada pada kopi, seharusnya kita menjadi bijak menikmati tiap teguk cangkir kopi kita. Tidak perlu berlebihan ketika minum kopi, cukuplah untuk memenuhi kebutuhan kamu akan kopi. Untuk tiap orang pasti berbeda, bisa jadi sehari 5 cangkir kopi tidak cukup, untuk yang lain jumlah tersebut sudah terlalu banyak. Coba cari tahu batasan tubuh kamu dalam menerima kafein ketika mengkonsumsi kopi. Kenali batasan jumlah konsumsi kopi kamu di sini.

credit: flickr

Untuk mengenal fase reaksi pada tubuh setelah minum kopi, berikut beberapa waktu sebelum kopi masuk ke dalam sistem tubuh kita.

10 menit awal.
Setelah teguk pertama kamu di beberapa menit awal, kafein dari kopi akan memberikan impuls pada aliran darah kita. Ditandai dengan meningkatnya detak jantung, aliran darah, dan mendapatkan sedikit energi dari kafein kopi.

20 menit.
Selanjutnya di 20 menit awal setelah kamu minum kopi, kamu akan merasakan sedikit bugar, tubuh kamu seperti selesai berolahraga. Sebabnya kopi memberikan reaksi pada adenosine level tubuh kita, adenosine pada tubuh ini berperan untuk memberikan rangsangan pada sistem tubuh untuk memberikan tanda kapan tubuh butuh tidur atau tidak. Hal ini mengapa berkembang istilah kopi dapat menunda rasa kantuk. Di menit ini kopi juga merangsang kerja otak, meningkatkan reaksi dopamine dan glutamine.

30 menit.
Kemudian di setengah jam pertama setelah minum kopi, tubuh akan memicu adrenaline, yang mana adrenaline ini memberikan rangsangan untuk meningkatkan produksi energi. Nantinya energi ini akan diteruskan dengan otot-otot tubuh. Sebabnya banyak atlit yang sedang latihan menjadikan kopi sebagai suplemen.

credit: golden pulse

40 menit.
Dalam 40 menit pertama, kopi akan memberikan rangsangan pada reaksi serotonin tubuh. Reaksi inilah yang mengatur perasaan seseorang, menciptakan rasa nyaman dan bahagia. Inilah rahasianya mengapa kopi dapat buat seseorang awet muda, karena rasa bahagia akan membuat seseorang menjadi tetap muda.

60 menit.
Pada 1 jam setelah minum kopi, pada tingkat yang berbeda kopi menyebabkan reaksi pada anxiety meningkat kewaspadaan, dan tingkat fokus. Sebab tubuh masih lanjut memproduksi dopamine tubuh, dan seseorang akan merasa sedikit lega atau puas dengan segala hal dalam dirinya. Inilah mengapa minum kopi dapat meredahkan stres seseorang.

credit: ccl.org

3 Jam.
Dan selanjutnya di 3 jam, efek kafein yang bereaksi pada tubuh kini mulai menyusut, energi yang meningkat sebelumnya akan kembali pada tingkat awal dan bahkan malah menurun. Kafein memberikan reaksi meningkatkan energi, namun disatu sisi tubuh akan merasakan lelah setelahnya.

6 Jam
Kemudian pada 6 jam berikutnya, kafein akan menyatu pada sistem tubuh dan mungkin kamu akan pergi ke toilet untuk buang air kecil, di sanalah kafein berakhir dan membawa keluar toxin dari dalam tubuh

Kamu akan merasakan rasa haus, ini sebab raksi tubuh setelah minum kopi, karena kopi merupakan minuman yang memiliki kadar asam, sehingga mulut akan mengering seperti dehidrasi. Baiknya setelah minum kopi, perbanyak konsumsi air mineral untuk menghilangkan rasa dehidrasi

src: trueactivist.com img: 1zoom.net

2,345 total views, 2 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.