BAGAIMANA SAJIKAN KOPI UNTUK BANYAK ORANG, BEGINI TIPSNYA

Tiap orang sebenarnya bisa menikmati sajian kopi, hanya saja mungkin berbeda sajian kopi favorit yang mereka teguk.

PERNAHKAH kedatangan beberapa teman bertamu ke rumah, atau mungkin mengundang banyak orang untuk mencoba single origin baru, tentunya yang seperti ini pernah dialami. Menikmati secangkir kopi sendirian akan terasa nikmat, tapi jika menikmati kopi dengan banyak orang, obrolan tentu akan semakin akrab. Tanpa sadar sajian kopi menjadi teman bincang yang hangatkan obrolan, hingga waktu pun sekali lagi menjadi jarak untuk menyelesaikan sebuah perjumpaan.

Menyeduh kopi untuk diminum sendiri pasti sudah biasa, dan bahkan sudah paham bagaimana sajian kopi yang kamu inginkan. Namun, ketika tiba-tiba diharuskan untuk menyajikan kopi untuk banyak orang, pasti akan kebingungan dan kerepotan. Ada kekhawatiran, apakah sajian kopi yang dibuat memenuhi selera ngopi harian mereka. Lalu seperti apa sajian kopi yang disajikan untuk banyak orang, sedikit tips tentang bagaimana menyajikan kopi untuk banyak orang.

credit: pixabay

Biji Kopi yang Segar
Menggunakan biji kopi yang segar merupakan standar penyajian kopi yang nikmat, jika biji kopi yang digunakan tidak lagi segar bisa dipastikan sajian kopi yang diseduh kurang menarik. Selain menggunakan biji kopi yang segar, beberapa standar penyajian kopi yang nikmat haruslah dipenuhi, rasio kopi, suhu air seduhan, dan hal lainnya. Maka, menyajikan kopi untuk banyak orang baiknya beranggapan sama halnya menyajikan kopi untuk diri sendiri.

Memilih Metode Seduh Yang Sesuai Untuk Banyak Orang
Banyak sekali alat seduh kopi di era sekarang ini, tergantung bagaimana kebutuhan seseorang akan sajian kopi di rumah. Tidak jarang, kita sesekali akan membuatkan kopi untuk banyak orang ketika teman-teman bertamu ke rumah atau ketika kerabat datang untuk berkunjung. Menjadi penting, mempersiapkan alat seduh kopi yang sesuai ketika menyajikannya untuk banyak orang. Sekilas alat seduh kopi yang kami rekomendasikan.

  • French Press
    Jangan salah, malahan alat seduh kopi French Press banyak yang diperuntukkan untuk sajian banyak orang. Mungkin selama ini kita hanya tahu French Press terbatas untuk sajian 4 cup, tapi ada juga sajian french press untuk 8 cup. Seperti aerolatte french press dan bialetetti french press yang mampu menyajikan kopi untuk 1 liter. Jadi kamu bisa pilih metode French Press untuk sajikan kopi kepada orang banyak.
  • Chemex
    Ingin yang lebih unik, bisa pilih alat seduh chemex atau pun yang metode seduhnya serupa chemex. Hanya perlu filter khas chemex, dan bubuk kopi maka selanjutnya mudah saja seduh kopi dengan alat kopi ini. Pilih chemex untuk sajian 8 cup, atau yang serupa chemex dari brewista smart brew sajian 5 cup.
  • Drip Coffee
    Untuk pecinta drip coffee, jangan khawatir, ada juga pilihan alat drip coffee yang mampu sajikan kopi untuk banyak orang. Drip coffee sederhananya menyajikan kopi dengan mengaliri bubuk kopi pada filter dengan air seduhan, sangat mudah. Alat drip coffee yang bisa sajikan kopi untuk banyak orang seperti dari beanplus my drip set, Bonavita Digital Coffee Brewer

Memilih alat kopi untuk sajian banyak orang, haruslah mempertimbangkan seberapa banyak daya tampung alat kopi. Seperti bialetti mokapot dengan kapasitas banyak atau pun menggunakan clever coffee dripper. Apa pun alat kopinya, pastikan mampu untuk menyajikan kopi banyak orang.

credit: pexels.com

Menjaga Sajian Kopi Tetap Hangat, dan Siapkan Persediaan Untuk Sajian Ulang
Ketika temu tamu dalam jumlah yang banyak, kita tidak bisa membatasi mereka harus menikmati kopi selagi hangat. Salah satu cara agar menjaga sajian kopi tetap hangat dengan menggunakan coffee warmer, sehingga sajian kopi bisa diminum ketika orang akan meneguknya. Bahkan, mengantisipasi sajian kopi kehabisan, baiknya mempersiapkan kopi untuk disajikan ulang sehingga tidak ada yang kecewa ketika kopi habis. Untuk memilih coffee warmer yang bagus, perhatikan diameter apakah sesuai dengan server, coba lihat coffee warmer produksi Getra atau pun Yami.

Menyediakan Creamer dan Sweetener
Bukan berarti mereka yang menikmati kopi dengan tambahan creamer atau pun sweetener harus dikesampingkan. Baiknya menyediakan creamer/sweetener untuk memenuhi kebutuhan ngopi mereka. Memastikan teman-teman mendapatkan sajian kopi favorit mereka dengan selera mereka masing-masing. merupakan cara untuk menyajikan kopi yangn nikmat untuk banyak orang.

Tidak Ada Salahnya Menyajikan Sajian Kopi Dingin
Jika bingung dengan sajian kopi panas, tidak ada salahnya menyajikan kopi dingin untuk mereka. Siapa yang bisa menolak sajian kopi dingin, faktanya mereka yang tidak menyukai sajian kopi pun bisa menerima sajian kopi dingin. Apakah itu iced latte, atau pun sajian coffee cold brew.

src: thekitchn.com img: dish.allrecipes.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.