BAGAIMANA SEBAIKNYA AGAR KOPI TAK MENGGANGGU WAKTU TIDUR?

Kopi sepaket dengan kafeinnya memang terbukti memberi energi bagi siapa saja yang meminumnya. Tapi bagaimana jika energi itu justru berlebihan untuk sebagian orang dan membuat mereka tak bisa tidur normal?

BANYAK teman yang bukan peminum kopi aktif mengaku takut minum kopi di atas jam 5 sore dikarenakan tak bisa tidur di malam hari. Sedangkan saya dan beberapa teman yang aktif minum kopi tetap bisa tidur dengan jam normal meski mengonsumsi minuman ini sesaat sebelum tidur. Jadi pada dasarnya pengaruh kopi pada tiap orang adalah berbeda-beda. Namun jika kamu tergolong mereka yang tidak bisa tidur jika meminum kopi di sore ke malam hari apa yang sebaiknya dilakukan agar waktu tidurmu tak terganggu? Berikut tips sederhananya.

Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong

Menurut penelitian sejumlah universitas di Amerika Serikat, karbohidrat mampu meredam pengaruh kafein pada manusia. Tak hanya karbohidrat, vitamin c juga berefek sama. Jadi disarankan untuk tidak meminum kopi dalam keadaan perut yang kosong. Atau bisa juga minum kopi diselingi dengan makan roti dan sesuatu yang berkarbo. Karena kafein, sebagai si sumber energi pada kopi ini umumnya bisa diredam oleh karbohidrat.

Minum Kopi Arabika

Yang membuat kita melek adalah kafein, zat yang ada di dalam kopi. Jadi jika kamu mau ngopi sore, pilihlah jenis kopi yang jumlah kafeinnya sedikit. Kafein pada robusta lebih banyak dua kali lipat dari arabika. Jadi disarankan untuk minum kopi arabika saja biar kandungan kafeinnya tidak terlalu tinggi.

Perhatikan Dosisnya

Kalau sudah tahu tubuh tidak bisa ngopi sore dan malam hari, tolong diperhatikan juga dosis minum kopimu. Seduhlah 10 – 12 gram kopi di sore hari dan nikmati perlahan. Jangan seduh kopi di atas 30 gram karena sudah pasti kandungan kafeinnya akan banyak juga. Ya, bisa juga seduh banyak asal yang menikmatinya juga banyak. Jadi ngopinya sambil berbagi biar tidak kebanyakan.

Berhenti Ngopi 5 Jam Sebelum Tidur

Kafein ternyata akan luruh setengah jumlahnya di dalam tubuh kurang-lebih selama 5 jam. Nah jika waktu tidur kamu pukul 11.00 malam, maka 5 jam sebelumnya sudah bisa kamu hentikan aktivitas ngopimu. Berkurangnya kandungan kafein pada tubuh setelah 5 jam tentu akan mengurangi efeknya juga. Jadi cara ini  bisa dicoba ya!

Intinya dengarkan tubuhmu saat minum kopi. Rasakan reaksinya dan tetap minum kopi dengan cara yang sehat ya!

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.