BAGAIMANA TAHAPAN PROSES NATURAL PADA DRYING BEDS

Proses pengolahan kopi apakah itu proses natural ataupun proses washed, masing-masing memiliki perbedaan dan pastinya berbeda juga profil rasa yang diterima si biji kopi. Lalu bagaimana tahapan proses natural ketika penjemuran, mari kita simak.

MENGAPA proses natural sangat populer di kalangan petani kopi, bukan petani saja penikmat kopi juga antusias pada kopi dengan proses natural. Alasan proses natural menjadi begitu diminati, karena pengaruh proses pengolahan ini pada biji kopi memungkinkan untuk ciptakan profil rasa manis, asam buah, dan kopi yang clean. Walaupun untuk sebagian origin, tidak selamanya profil rasa akan keluar jika menggunakan proses natural. Berbeda ketinggian tanam, berbeda suhu pada masa tanam, juga berkontribusi dalam menciptakan profil rasa si biji kopi, yang nantinya dibantu proses pengolahan untuk semakin menegaskan si biji kopi.

Bukan itu saja, petani kopi juga lebih memilih proses natural bukan hanya karena memungkinkan ciptakan profil rasa yang kaya. Dengan proses natural, pada pengelolahannya hanya membutuhkan sedikit air dan tidak terlalu menguras energi, terlebih lagi tidak membutuhkan infrastruktur yang terlalu besar. Hal ini juga menjadi pertimbangan mengapa banyak petani kopi lebih memilih proses natural.

credit: preciseethiopia.com

Sederhananya, proses natural menghadirkan kualitas yang bagus, ramah lingkungan, dan juga tidak terlalu mahal dalam hal sumber daya yang dikeluarkan. Benar, proses natural merupakan proses yang sangat banyak digunakan, namun tidak selamanya proses tersebut berjalan dengan benar. Bagaimana tahapan proses natural pada penjemuran kopi, simak berikut ini.

Masa Panen

Sebelum masuk pada tahapan penjemuran, untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada proses penjemuran, baiknya sedikit lebih memperhatikan cara panen buah kopi yang sudah matang. Sangat disayangkan jika kita menanam kopi berkualitas namun saat panen, tidak terlalu memperhatikan buah kopi mana sudah benar-benar matang dan buah kopi yang belum. Rekomendasi untuk hasil yang baik, panenlah buah kopi yang sudah benar-benar matang.

Tahap Pertama Penjemuran

Penting untuk buah kopi yang sudah matang dan kemudian masuk ke drying beds harus ditebar dan penyeberanan menyeluruh. Serta jangan lupa untuk membuat catatan yang perlu, jam berapa buah kopi ini mulai masuk ke drying beds-tempat penjemuran. Setelah disebar, ada baiknya tidak melebihi 3 inci diukur ketebalan tumpukannya, sehingga buah kopi mendapatkan aliran udara yang cukup saat proses penjemuran.
Sekitar 3-4 jam berlalu, penting untuk membalikkan bagian buah kopi, agar buah kopi terpapar sinar matahari merata menyeluruh. Dan pada tahap ini juga, memisahkan mana buah kopi yang terlalu matang dan belum matang, dengan melihat warna buah kopi, warna yang selaras akan menciptakan profil rasa yang konsisten dan berkualitas.

Tahap Kedua Penjemuran

Untuk selanjutnya setelah tiga – lima hari, buah kopi akan terlihat seperti karet kering. Pada tahap ini, kita bisa menumpuk buah kopi hingga 5-6 inci ketebalannya di drying beds, memastikannya terjemur merata juga penting. Setidaknya dalam sehari, ada dua kali membalikkan tumpukan.

credit: laman pencari

Tahap Akhir Penjemuran

Setelah tiga – empat hari selanjutnya, para petani kopi punya dua cara untuk mengakhirinya. Yang pertama beberapa petani kopi yang memiliki mesin pengering, buah kopi selanjutnya akan dikeringkan kembali menggunakan mesin rotary dryers, untuk memastikan lagi buah kopi kering merata dan untuk resting-mengistirahatkannya. Tapi, tidak sedikit juga petani kopi menyelesaikan tahap akhir penjemuran di drying beds.
Yang paling utama saat mengukur kadar air dengan moisture meter, baik mengusahakan buah kopi yang dijemur memiliki kadar air dibawah 11%. Suhu panas ketika penjemuran, biasanya sekitar 29-31°C namun tergantung daerah tempat penjemuran.

Penyimpanan

Waktunya memasukan biji kopi pada karung yang sudah kamu sediakan, apakah itu menggunakan GrainPro atau jenis karung lainnya. Baiknya memperhatikan tempat penyimpanan sebelum pembeli ataupun pengangkut datang, pastikan memilih lokasi ruang penyimpanan yang sejuk dan tidak terlalu panas.

src: perfectdailygrind.com img: kabangocoffee

2,826 total views, 68 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.