BAGAIMANA TREN INDUSTRI KOPI TAHUN INI

Sama kita ketahui, semakin ke sini jumlah penikmat kopi bisa dibilang meningkat tiap tahunnya, terbukti dari banyaknya kedai kopi baru yang ikut serta merayakannya, hadir dan tampil untuk memenuhi kebutuhan penikmat kopi juga, lalu bagaimana suasana industri kopi di tahun ini?

BENARKAH gelombang ke empat dari industri kopi akan muncul, saya pun tidak tau pasti namun mengingat suasana industri kopi sekarang ini bisa jadi gelombang ke empat dari industri ini akan hadir. Jika kedai kopi yang tumbuh di daerah kita begitu pesat, dalam satu kawasan yang terbilang sempit saja ada lebih dari 2 kedai kopi lokal yang tampil untuk memenuhi kebutuhan penikmat kopi, maka benar adanya gelombang ke empat ini akan muncul. Tapi seperti apa gelombang ke empat ini akan muncul? Tiap orang punya sudut pandang yang berbeda menanggapi isu dari gelombang ke empat dari industri kopi, tapi izinkan saya untuk mengantar tulisan ini menjadi bacaan yang ringan untuk menemani secangkir kopi hari ini.

Evolusi atau Revolusi
Mungkin beberapa tahun terakhir ini kita sepakati bahwa para penikmat kopi telah dimanjakan dengan akses yang begitu mudah untuk menikmati kopi mereka. Bahkan tidak perlu datang ke kedai kopi untuk meneguk secangkir kopi, dalam artian yang luas malahan kedai kopi yang datang menawarkan kopi untuk mereka. Sederhananya, kedai kopi hadir di media sosial dan memberikan layanan antar ke tempat-tempat penikmat kopi duduk tenang.

Malahan, banyak industri besar yang mulai ikut serta merayakan industri kopi ini, dengan menyediakan produkan massal kopi botolan atau kopi kaleng yang berstandar high-end speciality coffee.

Di sini penikmat kopi sangat dimanjakan, tidak hanya penikmat kopi yang beli take away bahkan penikmat kopi seduh sendiri juga diberikan kemudahan. Semakin banyak alat kopi yang diproduksi dengan kemudahan mengoperasikannya, sehingga tiap orang bisa menikmati kopi speciality di mana pun dan kapan pun. Seperti alat kopi, espresso maker dari Simpresso, Nanopresso, Handpresso dan banyak lagi. Bahkan beberapa tahun belakangan ini dikenal istilah homebrewer bagi mereka para penikmat kopi yang seduh kopi sendiri di rumah, malahan alat kopi mereka sama lengkapnya dengan para barista.

Dan yang menjadi pertanyaan, melihat dari suasana industri kopi sekarang ini, apakah tren industri kopi tahun ini akan mengalami perubahan atau kemajuan?

Kualitas atau Kuantitas
Tiap pelaku industri kopi sekarang, tidak lagi mementingkan kuantitas tapi lebih fokus menjaga dan memperbaiki kualitas, karena daya tarik kualitas akan memberikan dampak tentunya pada kuantitas. Sebagai contoh, banyak kedai kopi yang hadir ikut serta menjadi pilihan bagi penikmat kopi, lalu apa yang menjadi pilihan penikmat kopi untuk menikmati kopi dari salah satu kedai kopi yang ada. Kualitas dari sajian kopi yang ditawarkan kedai kopi, atau harga yang terjangkau yang ditawarkan kedai kopi terkait kuantitas.

Mari kita sepakati, bahwa kualitas dari sajian menjadi pilihan bagi penikmat kopi, berarti kekhasan dari sajian kopi menjadi indikator seorang penikmat kopi untuk meneguk kopi di kedai kopi tertentu. Malahan, tiap pemilik kedai kopi atau manager semacam bersaing menampilkan ciri khas masing-masing dari kedai kopi mereka. Tidak heran jika kedai kopi tertentu memiliki house blend mereka sendiri, semakin ingin unjuk sajian kopi khas mereka masing-masing. Bahkan dimulai dari kedai kopi, banyak yang memutuskan untuk roasting biji kopi sendiri untuk mendapatkan rasa khas mereka sendiri. Faktanya, banyak roaster lokal yang mulai hadir, untuk membantu menemukan kualitas kopi dengan rasa khas mereka masing-masing.

Bagaimana pun tren industri kopi di tahun ini, tidak terlepas dari tantangan dan peluang. Bahkan beberapa tantangan sebenarnya bisa saja menjadi peluang untuk dimanfaatkan. Industri kopi akan tetap tumbuh menjadi industri yang menarik, melihat siklus hulu dan hilir industri ini berkembang mengedepankan kualitas komoditinya. Bagaimana menurut kamu industri kopi tahun ini?

Disadur dari CoffeeTalk Magazine img: coffeeAM

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.