BANTU INDUSTRI KOPI BERGERAK DI PPKM KALI INI!

Pandemi belum usai dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah diberlakukan kembali demi menekan angka kasus covid 19. Apa yang bisa kita lakukan agar industri kopi tetap bergerak di saat sulit ini?

SEMENTARA ini pemerintah memberlakukan PPKM di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Kedai-kedai kopi kecil dan UMKM yang bergerak di bidang kopi mengaku kembali terbentur kesulitan yang sama seperti awal pandemi di tahun lalu. Tak hanya Pulau Jawa dan Bali, beberapa daerah di Indonesia lainnya pun mendapatkan perubahan jam operasional. Kedai-kedai terpaksa dipersingkat jam bukanya dan ini tentu menganggu stabilitas industri kopi kita.

Credit : thebalance.com

Tapi kita tak boleh menyerah. Kita semua bisa terlibat untuk membuat laju industri tetap bergerak dengan mengikuti anjuran pemerintah ini. Apa saja yang bisa kita lakukan agar kedai-kedai kopi tetap bertahan di tengah badai ini?

Beli Dagangannya

Jangan pernah berhenti membeli kopi meski kamu tak bisa menikmatinya sambil duduk santai di sana. Pesanlah take away paling tidak secangkir. Jangan serta merta engggan ngopi karena tak bisa dine-in. Satu cangkir kopi yang kamu beli bisa menjadi harapan besar untuk mereka tetap bergerak. Untuk barista tetap bekerja. Untuk pebisnis tetap bertahan. Satu cangkir terdengar kecil, tetapi bayangkan jika ada satu di 10 atau 20 orang yang melakukan gerakan yang sama?

Credit : ahouseinthehills.com

Sebarkan Berita

Media sosialmu adalah ‘surat kabar’ yang pasti dibaca pengikutmu. Ayo ajak semua orang untuk tetap minum kopi di kedai-kedai kopi terdekat. Promosikan kedai-kedai kopi itu. Tak peduli seberapa kecil jumlah pengikutmu sudah pasti cara ini setidaknya akan membantu. Mari saring rangkul, saling dukung, saling menguatkan karena badai ini pasti akan usai. Yuk tahan!

Kerahkan Bantuan Apa Saja

Jika kamu punya bakat fotografi, boleh bantu kedai kopi temanmu foto-foto agar produknya lebih menarik. Jika kamu punya bakat desain, boleh bantu desain poster dan promo. Jika kamu punya bakat copywriting, bisa bantu bikin slogan dan caption yang menarik. Jika kamu punya bakat marketing atau finace, bisa beri masukan untuk mereka. Sekecil apapun bantuan pasti akan menolong. Di saat sulit mari memudahkan. Di keadaan berat, mari ringankan!

 

Foto utama dari  fiftiness.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.