BANYAK YANG MENIKMATI SAJIAN KOPI WALAU BUKAN PENIKMAT KOPI

Secara logis, orang yang menikmati sajian kopi merupakan penikmat kopi, namun faktanya mengungkapkan hal lain.

SAJIAN kopi yang diseduh panas atau pun dingin, kini semakin banyak pilihannya sebagai alternatif untuk meneguk nikmat seduhan dari sajian kopi. Bahkan, dengan begitu banyak variasi dari peralatan seduh kopi, baik untuk homebrewer mau pun keperluan kedai kopi, sangat memudahkan tiap orang untuk memenuhi kebutuhan akan kopi. Bukan itu saja, peralatan kopi yang didesain dan diperuntukkan bagi yang menyenangi kegiatan traveling pun banyak jumlahnya. Tidak perlu khawatir sekarang ini untuk menikmati sajian kopi favorit sesuai selera, seduh kopi sendiri atau pergi ke kedai kopi lokal untuk pesan secangkir kopi terbaik. Sangat menyenangkan meneguk nikmatnya sajian kopi terbaik yang telah dirawat oleh petani kopi dengan begitu baik.

Sebuah penelitian jangka panjang yang dilakukan di Inggris menganalisa persepsi tingkat rasa asam dari sajian kopi dan teh kepada 400.000 partisipan yang memiliki kecendrungan genetik. Dalam penelitian ditemukan bahwa, orang dengan kecendrungan sensitifitas terhadap rasa pahit dari kopi lebih banyak mengkonsumsi kopi dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kecendrungan sensitifitas rasa pahit dari kopi. Sebuah pernyataan yang berbeda secara logis, lebih banyak orang menikmati kopi dari kalangan yang menganggap kopi pahit. Jika beberapa orang menganggap kopi adalah pahit, lalu apa yang membuat mereka meneguk secangkir kopi. Tiap orang punya alasan berbeda untuk menikmati secangkir kopi.

credit: theconnectionexchange.com

Kebutuhan Kafein
Sajian kopi sudah seperti kebutuhan harian untuk beberapa orang, bahkan untuk yang bukan penikmat kopi, secangkir kopi pun semacam penyelamat di hari yang begitu sibuk. Menyeimbangkan pola hidup dengan kesibukan yang mengharuskannya tetap dalam kondisi terbaik. Banyak orang mengambil manfaat kafein dari kopi untuk program diet, untuk performa ketika berolahraga, dan manfaat lainnya untuk mengatasi permasalahan kesehatannya. Maka tidak heran, jika banyak yang menikmati sajian kopi walau pun bukan penikmat kopi, namun jika sudah sering dan sudah terbiasa bisa jadi akan jatuh cinta dengan sajian kopi.

Agar Tetap Terjaga
Kebanyakan kalangan peminum kopi yang beranggapan kopi adalah pahit, mengambil manfaat dari secangkir kopi untuk membuat mereka tetap terjaga di pagi hari mau pun di malam hari. Jika menurutnya aktifitas kerja sedang sibuk, namun kondisi badan mengantuk, alasan paling praktis adalah meneguk secangkir kopi. Kandungan dari kopi memang benar mampu membuat seseorang terjaga dan merangsang otak untuk tetap fokus. Maka tidak heran, jika konsumsi kopi semacam mengaktifkan produktifitas seseorang dalam pekerjaannya.

Relaksasi Diri
Tidak sedikit yang menikmati secangkir kopi untuk menemukan relaksasi diri dari penatnya aktifitas. Siapa sangka bahwa benar adanya secangkir kopi dapat mengendalikan emosi yang berantakan. Walau pun beberapa orang tidak mengerti kandungan apa yang terdapat pada secangkir kopi, tapi kopi tetap berhasil mengembalikan suasana hati dan menghambat faktor pemicu stres. Sejak meneguk secangkir kopi melalui indera pencecap kopi menstimulasi otak untuk melepaskan sensorik kebahagiaan dalam diri seseorang.

Karakter rasa yang tercipta dari satu single origin, mungkin akan berbeda-beda di indera pencecap banyak orang, hal ini dipengaruhi dari kebiasaan konsumsi. Indera pencecap akan mencari kemiripan dengan rasa yang pernah mereka kesan sebelumnya, ketika kopi diteguk. Selamat menikmati sajian kopi hari ini, bagaimana dengan kamu?

src: havacupcoffee.com eatthis.com img: pixabay.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.