BARISTA ROBOT HADIR UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN COVID19

Meskipun pandemi melanda, tapi kebutuhan orang akan kopi akan terus ada. Dan untuk memenuhi kebutuhan ini, Korea Selatan menghadirkan barista robot yang siap melayani para penikmat kopi.

KEHADIRAN barista robot bukanlah sebuah gaungan baru di industri kopi dunia. Di beberapa tempat sudah ada barista yang terbuat dari robot yang mampu menyajikan kopi bahkan sepaket dengan latte art-nya. Dan baru-baru ini Korea Selatan kembali menjadi pembicaraan karena menghadirkan setidaknya puluhan barista robot di beberapa kedai kopi di sana.

Robot-robot yang bisa menyajikan kopi ini digadang-gadang mampu mendukung program physical distancing yang digalakkan pemerintah di Korea Selatan. Para penikmat kopi tetap bisa datang ke kedai kopi dan menikmati kopi mereka tanpa khawatir kopinya berkontak langsung dengan para barista.

Barista robot yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Vision Semicon ini mampu menyajikan 60 jenis minuman kopi dan nonkopi. Selain meracik kopi, juga ada robot lain yang akan mengantarkan kopi pesanan ke meja masing-masing pembeli. Robot ini dilengkapi dengan sistem tertentu yang secara canggih mampu memetakan ruang yang ada di kedai kopi tersebut. Meski begitu tentu ada tumpah atau percikan kopi sedikit karena pergerakan robot tertentu.

Lalu bagaimana cara memesan kopi di kedai kopi yang dijalankan oleh barista robot ini? Cukup dengan datang ke counter lalu memesan apa yang diinginkan dari menu yang ada dilayar. Pembayaran pun dilakukan secara elektrik. Setelahnya kamu cukup menunggu pesananmu datang karena akan diantarkan oleh sang robot tadi.

Oh iya, tiap minuman memakan waktu kurang-lebih 7 menit untuk peracikannya. Ya, tak terlalu lama untuk ukuran robot ya. Menurut para pengunjung kedai kopi ini, kehadiran barista robot memberi rasa aman dan nyaman selama pandemi karena meminimalisir kontak antarmanusia. Namun di sisi lain ada kekhawatiran bahwa berkurangnya lapangan kerja bagi banyak orang. Ya dalam segala hal selalu ada dua sisi ya.

Artikel dan foto disunting dari foto dari Fox News, Reuters dan berbagai sumber.

 

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.