BEBERAPA KEBIASAAN BARU YANG MUNCUL SAAT PANDEMI

Pandemi menguji banyak lapisan termasuk industri kopi dunia. Namun di balik ujian itu ternyata pandemi memberi kebiasaan  baru yang positif di kebiasaan ngopi kita.

SUDAH sekian minggu dan pandemi sepertinya belum juga reda. Hebatnya di tengah goncangan ini, banyak pelaku industri kopi kita yang sudah berdamai dengan keadaan dan bahkan melahirkan begitu banyak inovasi yang cocok dengan keadaan sekarang ini. Tak hanya di sisi industri kopi dan pebisnis saja, para peminum kopi juga mengalami perubahan kebiasaan ngopi. Hebatnya kebiasaan ngopi yang muncul justru menjadi titik cerah di tengah mendung pandemi yang tak jelas kapan selesainya.

Menurut pengamatan kami ada beberapa kebiasaaan ngopi yang lahir selama pandemi.

Bertumbuhnya Para Home Brewer 

Para penyeduh rumahan jumlahnya semakin tinggi selama Covid-19 ini. Terbukti dari banyaknya alat-alat seduh manual rumahan yang laris manis di pasaran. Terbatasnya akses ngopi di kedai kopi dan rasa ingin menghemat saat ‘badai’ ini, para home brewer cukup bersemangat belajar kopi dan menyeduh kopi untuk dirinya sendiri. Selain itu hal ini dinilai untuk membunuh kejenuhan selama di rumah saja.

Foto dari favim.com

Pemahaman Soal Kopi Semakin Tinggi

Waktu yang banyak di rumah dijadikan ajang belajar untuk banyak orang. Hal ini juga berlaku bagi orang-orang yang semakin ke sini semakin giat bejalar kopi. Bisa dipastikan akan muncul para barista rumahan yang jago dalam urusan kopi dan siap bertanding saat semua ini usai. Saya sendiri saja pun melakukan hal yang sama. Belajar dari banyak suhu kopi secara online ya meskpun tak ada niat untuk berlaga. Ha-ha-ha.

Lahirnya Banyak Resep Kopi Baru

Mungkin kita semua sudah lihat bahwa banyak resep kopi baru yang seru dan kreatif yang muncul di media sosial. Hal ini semakin banyak lahir karena orang-orang ingin menyingkirkan keboasanan. Saya pun sampai ikutan membuat beberapa resep yang saya lihat dari Instagram dan ternyata rasanya enak! Keterbatasan ternyata tak menghalangi orang untuk lebih kreatif ya!

Credit : 7-themes.com

Budaya Saling Dukung

Semakin ke sini saya melihat banyak sekali sesama pengusaha kopi yang saling dukung. Mereka bahkan membuat gerakan agar industri kopi tetap berjalan dengan stabil. Pun para penikmat kopi tak segan-segan mendukung dengan membeli produk kopi lokal dan mempromosikannya. Di sini kita jadi paham bahwa kopi adalah ajang serikat tolong-menolong bukan hanya soal rasa enak di cangkir saja!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.