BELAJAR MENIKMATI KOPI, SEDUH KOPI SAJA DULU

Untuk kita yang sering minum kopi tapi belum bisa memahami kenikmatan meneguk secangkir kopi seperti para penikmat kopi kebanyakan, maka baiknya buat kopi sendiri di rumah untuk memulainya.

BENARKAH menikmati kopi adalah tentang bagaimana kita memberikan pemahaman kepada diri sendiri tentang persepsi akan rasa yang ada pada secangkir kopi. Maka jika benar adanya, mereka yang minum kopi namun hanya bisa merasakan rasa pahitnya saja, persepsi akan rasa dari kopi perlu diberikan pemahaman pada diri sendiri. Setidaknya karakter rasa pada kopi terdiri dari lebih 9 karakter rasa dasar tergantung asal dari biji kopi yang kita minum, karena tiap biji kopi memiliki karakter rasa yang berbeda. Karakter rasa yang berbeda ini tercipta dari berbagai faktor, dari mulai kondisi tanah, tingkat ketinggian lahan, proses roasting, hingga metode seduhnya. Maka untuk belajar menikmati kopi, lebih baik memulainya dengan mencoba untuk buat kopi sendiri di rumah, secara sendirinya rasa ingin tahu akan menuntun kita untuk mempelajari lebih dalam tentang menikmati kopi.

credit: barista.by

MULAI SEDUH KOPI
Untuk mulai mencintai sajian kopi, akan lebih mudah jika kita mulai buat kopi sendiri, tapi kopi seperti apa yang harus dibuat, metode seduh seperti apa yang harus dipelajari. Mungkin di awal, kita akan mengandalkan intuisi tentang keterkaitan antara bubuk kopi dan air seduhan, namun semakin sering kita membuat kopi dan perbedaan rasa di tiap seduhan kopi yang dikarenakan rasio kopi hanya berdasarkan intuisi maka kita akan mencari tau perbedaan rasa ini. Rasio kopi adalah salah satu variabel penting untuk membuat sajian kopi yang nikmat sesuai keinginan, bagaimana jumlah bubuk kopi yang digunakan dan jumlah air seduhan untuk mengekstraksi rasa dari kopi. Bahkan pada titik suhu tertentu, air seduhan akan menjadi sangat potensial untuk mengekstraksi bubuk kopi. Mulailah mengeksplorasi perbedaan karakter rasa dari keterkaitan jumlah bubuk kopi dan air seduhan, maka selanjutnya cobalah metode seduh lainnya.

Mungkin diawal kita akan sangat bergantung dengan metode seduh tradisional, yang hanya memerlukan cangkir dan memasukkan bubuk kopi ke dalamnya kemudian menuangkan air panas, di Indonesia sering dikenal dengan sebutan kopi tubruk. Setelah maklum, bagaimana saling terkait bubuk kopi dan air seduhan, maka kemudian tidak ada salahnya mencoba mencari tau bagaimana karakter rasa kopi jika menggunakan alat seduh lainnya. Bagaimana sajian kopi dengan vietnam drip, french press, v60 dan alat seduh lainnya.

MEMAHAMI KARAKTER RASA
Karakter rasa kopi yang begitu kompleks selalunya akan merangsang sensorik dari indera seseorang, dan menemukan kesan rasa yang pernah mereka rasakan sebelumnya. Maka persepsi rasa seseorang mulai terbiasa dengan sajian kopi yang nikmat, jadi jangan heran jika teman atau pun orang lain ketika menikmati kopi seduhan v60 mereka seperti menemukan kesan rasa lemon pada kopi mereka. Kita pun bisa demikian, dengan menelusuri karakter rasa dari sajian kopi yang kita buat, biji kopi yang kita gunakan berpotensi melepaskan karakter rasa seperti apa, maka menjadi penting flavor notes untuk diketahui. Sebagian roaster pada kemasan biji kopi akan memberikan informasi, pada seduhan yang optimal biji kopi mampu ciptakan kesan rasa nutty, fruitty, dan kesan rasa lainnya.

Untuk lebih mengenal bagaimana karakter rasa dari secangkir kopi yang kita buat, akan memudahkan jika kita menggunakan Lexicon Flavour Wheel untuk menelusuri kesan rasa seperti apa yang kita rasakan. Tapi hal itu akan menjadi sia-sia jika kita tidak pernah atau tidak terbiasa dengan kesan rasa yang ada, maka sensorik kita akan menemukan yang paling mendekati. Sebabnya untuk menentukan flavour notes dari biji kopi pada proses cupping baiknya memerlukan banyak orang untuk menemukan kesan rasa mayoritas.

IMPROVISASI
Di antara kita, beberapa orang pada awalnya mengalami kesulitan untuk menerima karakter rasa dari secangkir kopi yang mereka buat. Tidak ada salahnya untuk sejenak berdamai dengan diri sendiri, tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk belajar menikmati kopi hitam tanpa tambahan apa pun. Mengambil jeda sejenak, untuk kembali menelusuri secangkir kopi kita di hari-hari berikutnya tidak ada salahnya. Cobalah di awal untuk menambahkan gula, susu, potongan jahe, kayu manis, atau rempah-rempah lainnya agar karakter rasa dari kopi lebih ramah di lidah kita. Tidak perlu menambahkannya berlebihan, cukuplah sedikit saja untuk memberikan kesan rasa yang berbeda, maka selanjutnya rasakan pengalaman yang berbeda dari tiap seduhan kopi kita.

Selanjutnya, secara perlahan kita akan mencoba membandingkan karakter rasa kopi yang ditambahkan dengan bahan lain dengan karakter rasa kopi yang tidak ditambahkan, dan mulai mencari tau keunikan rasa dari sajian kopi kita.

Maka untuk belajar menikmati kopi, mulai seduh saja dulu, sisanya biarkan naluri kita yang menjawa rasa keingintahuan akan kopi.

src: thecoffeemaven.com homegrounds.co img: brewingisforeveryone.com

1 Comment
  1. Mantap. Memang betul, semua terasah melalui eksperimen yang tiada henti. Mulai dari jenis kopi, rasio, suhu, brewing time , semuanya memiliki pengaruh pada rasa kopi yang kita seduh. Dan lidah kitapun bisa merasakan rasa berbeda di tiap eksperimen yang kita lakukan. So, semangat terus untuk menyeduh kopi dan menikmati hasilnya. 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published.